kaknzul.com

"BERGERAK ITU, BERKAH"


bergerak itu berkah
Sumber: Canva

Hai sobat nulis. Bagaimana kabarmu hari ini? Semoga sehat dan selalu semangat, seperti mentari yang hangat.

Tulisan saya kali ini bercerita tentang seorang sahabat di #BlogspediaCoaching4. Sahabat yang datang menyapa saya terlebih dahulu di list tugas 4B. Masyaallah, dapat sahabat blogging lewat jalur tugas. Ya, begitulah skenario Allah yang kadang tak terduga oleh prediksi-prediksi manusia. Dan pastinya, setiap yang Allah tuliskan untuk hamba-Nya tentu memiliki kebaikan. Begitu pula dengan pertemuan dengan Kak Hafshah di tugas 4B ini.

Perempuan yang memiliki nama lengkap Hafshah Al Qoni’ah ini memiliki motto hidup “BERGERAK ITU, BERKAH.” Dan lewat motto hidupnya, ia berhasil menginspirasi saya. Gimana tidak? Membaca kalimat motivasi Kak Hafshah, membuat saya teringat dengan sebuah benda. Dan dari benda itu pula, saya tersadarkan akan hakikat keberadaan saya di bumi Allah. Benda apakah itu? Kok bisa nyambung sama motto hidup Kak Hafshah?

Benda itu adalah kipas angin. Hahahah kok kipas angin sih? Serius! Saya sendiri menangkap hikmah ini saat tengah meluruskan pinggang  yang lelah sebab berada di depan laptop seharian. Membaringkan tubuh di tengah ruangan yang penuh dengan mainan anak-anak, lalu menatap ke langit-langit rumah. Dimana yang terlihat hanyalah sebuah kipas angin yang tengah berputar. Merasakan tiupan lembut yang menyapa helai kerudung saya. Seketika, hikmah itu pun menyelinap. Hikmah apa sih?

Kebayangkan sama kipas angin? Bayangkan dulu wujudnya :D Kalau kipas itu diam tak bergerak, apakah ia mampu memberikan manfaat? Tidak! Benar sekali, kipas angin akan bermanfaat saat ia bergerak. Namun, saat kipas tidak bergerak, ia tidak akan memberikan manfaat apapun. Begitulah, motto hidup Kak Hafshah. “Bergerak itu, Berkah”

Hayoooo, mana nih kaum mageran. Ingat loh, kita bukan donat, yang diam akan mengembang dan bermanfaat buat perut lapar hahahaha. Ketampar nggak nih, sama motto hidup Kak Hafshah. Kalau belum berasa apa-apa setelah baca sampai disini, lanjut baca lagi deh.

Keberkahan menjadi motivasi Kak Hafshah untuk terus bergerak dalam memberikan manfaat kepada seluruh pembacanya di browniesaca.blogspot. Ya, bergerak tidak harus tentang berlari, melompat dan mengangkat beban berat. Namun, gerak yang dilakukan oleh Kak Hafshah yaitu menembus banyak mata dan kepala lewat tulisan yang bermanfaat bagi lifestyle blog lain dan pembaca setianya.

Perempuan kelahiran Wonogiri, Jawa Tengah ini memberi nama blog pribadinya dengan nama browniesaca.blogspot yang terinspirasi dari makanan kesukaannya yaitu brownies dan nama pena “aca”. Di blog pribadinya inilah, Kak Hafshah mengupas berbagai topik bahasan seperti

bergerak itu berkah
Sumber: Canva


Alasan Memilih Blog


 
bergerak itu berkah
Sumber: Blog browniesaca.blogspot.com

Blog menjadi pilihannya untuk menulis, sejak tahun2016. Meskipun, awalnya hanya untuk menuntaskan tugas sekolah dan kuliah saja. Namun, lambat laun blogging menjadi aktivitas yang menyenangkan dan ingin ia tekuni. Hal itulah yang membuatnya terjun bareng  saya di #BlogspediaCoaching4.

Menyadari bahwa blog menjadi alat untuknya bergerak meraup keberkahan, Kak Hafshah mulai berbenah untuk blog pribadinya di tahun ini. Harapannya, blog pribadinya menjadi alat bergerak yang mampu menyampaikan kebaikan kepada banyak orang.

Memiliki jangkauan yang lebih luas untuk dibaca  banyak orang, menjadi alasan Kak Hafshah memilih blog sebagai media untuk bergerak meraup keberkahan. Selain itu, blog juga dapat dikelola personal dan tidak membutuhkan seleksi untuk terbit seperti koran, buku dan majalah.

Setuju Kak Hafshah, kita tidak perlu menunggu seleksi. Karena penulis, editor dan penerbitnya adalah kita sendiri. ;D

 

Tips Mengelola Waktu

Selain sebagai blogger, Kak Hafshah saat ini tengah menuntaskan study S1 jurusan Sastra Indonesia. Ditengah padatnya aktivitas, Kak Hafshah tidak ingin berhenti bergerak, karena bergerak itu, berkah. Untuk itulah, Kak Hafshah menyadari pentingnya mengelola waktu agar tetap bisa bergerak memberikan manfaat buat orang lain.

Menyediakan waktu khusus untuk menulis menjadi penting bagi blogger muda yang menyukai baca buku ini. Wah, jadi ingat nasehat Ust. Adriano Rusfi, 

“setiap orang dewasa itu, sejatinya mampu memberdayakan dirinya”

Dan prinsip Kak Hafshah buat menyediakan waktu khusus untuk menulis adalah bentuk pemberdayaan diri. Karena, kalau nunggu waktu luang nih, kayanya nggak ada luangnya ya. Apalagi kalau dibumbui sama berbagai alasan yang mengkambing hitamkan sesuatu hahaha. "Duh nggak sempat nulis karena pagi-sore kuliah, malam udah capek."

Lalu kapan waktu Kak Hafshah menulis? Malam, menjadi waktu paling tenang dan nyaman untuk menulis baginya. Meskipun seharian telah beraktivitas, menulis menjadi me time yang memberikan energi baru bagi Kak Hafshah. Selain itu, ia juga bisa me-realease perasaan yang ia rasakan setelah seharian. Pasti, begitu besar pengaruh energi yang dirasaakan Kak Hafshah ya.  Sehingga, ia tetap meluangkan waktu untuk menulis meskipun sudah lelah berkutat dengan aktivitas seharian.

 

Tips Menangkap Ide Tulisan

Menurut blogger muda yang sangat menyukai brownies ini, ia tidak memiliki strategi apapun. Kecuali, Kak Hafshah mulai dari sesuatu yang ia sukai. Apa itu? Buku, puisi, cerita, kisah dan lainnya. Baginya, menulis dari sesuatu yang ia sukai memudahkan untuk mencari ide tulisan.

Saya setuju sekali dengan Kak Hafshah. Ide tulisan itu, diantaranya dari hal-hal yang disukai dan ini akan membuat kita menguasai topik pembahasan untuk dituliskan.

 

Hafshah Al Qoni’ah dan Para Ulama

bergerak itu berkah
Sumber: Canva

 

Satu lagi nih, cerita tentang Kak Hafshah yang berhasil menginspirasi saya agar terus bergerak untuk menulis. Apa itu?

Penulis di blog browniesaca.blogspot ini, memiliki kesamaan dengan para ulama dimasanya. Ya, insight ini saya temukan setelah menelusuri blog pribadinya.

Sama seperti para ulama, Kak Hafshah juga tengah belajar menguasai sebuah ilmu yang ia minati dan ingin dikuasai. Namun, ditengah perjuangannya menuntut ilmu, ia tak lupa menuliskan kisah, cerita, hikmah, maupun buku yang tengah ia baca dalam blog pribadinya agar bermanfaat bagi orang lain.

Para ulama, belajar dan menuliskan ilmu mereka dalam sebuah catatan dan dibukukan menjadi sebuah kitab. Sama,  Kak Hafshah juga belajar dan menuliskan yang ia dapatkan lewat tulisan. Perbedaannya, hanya media yang digunakan.

Hafshah Al Qoni’ah adalah blogger muda yang tengah meniti jalan para ulama, yaitu menjemput keberkahan dari menulis. Ya, karena bergerak itu, berkah.

Masyaallah, terimakasih karena telah menginspirasi saya lewat blog Kakak ya. Semoga semakin banyak para pembaca yang terinspirasi dari tulisan perjuangan Kakak menuntut ilmu dan menulis.

Buat para mageran, atau yang penasaran seperti apa tulisan dan perjuangan Kak Hafshah dalam menulis, bisa kunjungi blog browniesaca.blogspot.

5 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Halo kak Hafshah dan Kak Zul, bener banget bergerak itu berkah. Baik bergerak secara fisik, juga bergerak dengan hati untuk menulis segala sesuatu yang bermanfaat 🥰

    ReplyDelete
  2. Waah semangat anak muda, senangnya melihat yang muda yang berdaya, masyaallah tabarakallah.

    ReplyDelete
  3. Hidup sedang lelah-lelahnya dan baca prinsip kak Hafshah, auto semangat lagi. Let's go! Move ... Move ... Move ...

    ReplyDelete
  4. Malam memang waktu yang tepat buat blogging.

    ReplyDelete
  5. jadi inget fitrah anak kecil emang bergerak, ternyata itu juga yang kita lakukan sebagai orang dewasa ya,

    ReplyDelete