kaknzul.com

LOMBA ANAK TK YANG MENDIDIK DAN BERMANFAAT



lomba anak Tk yang lucu

Hai Sobat berdaya. Salam MERDEKA! Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-78. Tentunya teriring doa dari kita semua buat negeri tercinta, tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang.

Kalau buat peserta Blogspediachoching4, merdeka adalah bisa tidur nyenyak setelah submit tugas yang diberikan. Hahahah setuju nggak teman-teman coaching?

Bicara kemerdekaan, ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan untuk memaknai hari kemerdekaan. Meski negeri ini usianya tak lagi muda, tapi masih banyak anak muda yang kreatif dan inovatif.

Bukan Cuma anak muda aja ya, sobat. Bahkan anak-anak usia dini pun bisa turut memeriahkan hari kemerdekaan. Nah, yang biasanya dilakukan di Taman Kanak-kanak adalah menyelenggarakan beberapa lomba. Dari mulai menstimulasi aspek perkembangan sampai menguatkan bonding antara anak dan orang tua.

Namun, sayangnya Kaknzul mendapati beberapa lomba yang dilakukan justru kurang mendidik, bahkan bertentangan dengan akhlak yang selama ini berusaha dibangun saat proses belajar dan mengajar tengah dilakukan. Jangan sampai dalam proses belajar mengajar anak ditekankan untuk makan sesuai sunnah Nabi, tapi saat lomba justru sebaliknya. Hehehhe lomba apakah itu?

Kenapa Lomba Anak TK harus mendidik dan Bermanfaat? 

lomba anak Tk 2023

“Yang penting seru dan anak-anak bahagia dalam mengisi kemerdekaan!”

Gimana nih sobat berdaya, setuju nggak sama statement ini? Kalau Kaknzul tidak setuju nih. Makannya nulis tentang topik ini.

Kenapa sih lomba anak TK harus mendidik?

Mendidik disini bukan hanya jenis lombanya, tapi juga praktek di lapangan saat lomba berlangsung.

Menurut Kaknzul, lomba itu bukan cuma seru dan bahagia, tapi harus bermanfaat. Ada banyak sekali lomba yang menstimulasi aspek perkembangan anak. Mengingat, anak usia dini butuh stimulasi untuk tugas perkembangannya. Misal, lomba memindahkan belut. Jika dilihat sederhana ya. Namun, dibalik lomba memindahkan belut ini ada aspek perkembangan sensory, kognitif dan motorik yang sedang distimulasi.

Selain jenis lombanya yang harus bermanfaat, proses berlangsungnya lomba juga harus benar-benar diperhatikan untuk menjaga sportifitas. Nah, lagi-lagi ada aspek perkembangan yang sedang distimulasi nih yaitu aspek sosial emosional.
 
Jangan sampai ada praktek-praktek yang mencederai sportifitas. Meskipun pesertanya masih usia dini, tapi apa yang terjadi saat perlombaan menjadi sebuah percontohan bagi anak-anak.

Kebayangkan, gimana memori anak usia dini yang tengah bekerja merekam, sobat? Udah kayak spons ya, semua yang ada di depan matanya akan ia rekam di kepalanya dan tinggal tunggu waktu ia akan mengeluarkannya kembali saat moment itu tiba. Tentu kita tidak ingin anak-anak menjadi generasi yang curang, tidak sportif atau memiliki rasa dengki, setelah melihat dan contoh yang tidak baik saat mengikuti lomba.

Manfaat Lomba Anak TK di Hari Kemerdekaan. 

lomba anak Tk dan orang tua

1 Menstimulasi Aspek Perkembangan

Diantara manfaat lomba anak TK di hari kemerdekaan adalah menstimulasi aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Beberapa lomba ada yang fokus menstimulasi aspek agama-moral, bahasa dan kognitif. Ada yang fokus menstimulasi aspek motorik kasar dan halus. Dan semua lomba tentunya menstimulasi aspek sosial emosional. Nanti akan Kaknzul jelaskan pada setiap lomba aspek apa saja yang terstimulasi ya.  
 

2.  Menstimulasi Daya Juang Anak

Kaknzul setuju banget, lewat lomba-lomba di hari kemerdekaan kita bisa memaknai daya juang para pahlawan dalam membela dan mempertahankan negeri ini. Karena, kedepannya anak-anak juga perlu memiliki daya juang yang tinggi saat memasuki kehidupan diusia dewasa mereka.

Anak akan terstimulasi memperjuangkan dirinya untuk sampai pada garis finish sebagai juara. Bahkan, tak penting harus juara , tapi ia terus berjuang untuk sampai garis finish juara berapapun itu. Karena setiap anak yang mengikuti lomba, sejatinya adalah sang juara. Seorang juara yang berjuang melawan ketakutan, kekhawatiran di dalam dirinya.

3. Mengenalkan Anak tentang Keunikan Indonesia

Momen hari merdekaan ini, menjadi kesempatan bagi orang tua maupun guru, untuk mengenalkan anak-anak pada negeri tercintanya yaitu Indonesia. Sejumlah lomba yang mencerminkan keunikan negeri ini bisa menjadi pilihan.

Misal, lomba membuat bendera. Dari sini anak akan mengenal warna bendera. Atau lomba terompah panjang yang mengenalkan anak pada permainan tradisonal miliki negeri tercintanya.

4. Merasakan Suasana Kemerdekaan

Sobat berdaya, siapa disini yang masih merasakan gemuruh di dada saat melihat bendera merah putih terpasang disetiap rumah? Atau darah yang berdesir saat mendengarkan lagu Indonesia Raya dinyanyikan? Anak-anak TK juga perlu nih, sobat untuk merasakan suasana kemerdekaan seperti yang kita rasakan.

7 Lomba Anak TK yang Mendidik dan Bermanfaat 

lomba kreatif untuk anak TK

Sesuai janji Kaknzul diatas, bagian ini akan dijabarkan tentang aspek perkembangan yang distimulasi dari lomba-lomba di hari Kemerdekaan. Selain tujuh lomba yang kaknzul sampaikan disini, tentu masih ada banyak lagi ya lomba-lomba yang mendidik dan bermanfaat untuk anak TK.

Lomba Menangkap Belut

Meskipun geli, lomba ini memiliki manfaat bagi anak TK. Karena ia menstimulasi tugas perkembangan anak usia dini.

Aspek sensory

Belut yang memilki permukaan tubuh yang licin, dapat menstimulasi sensory tangan anak agar dapat menerima rangsangan tekstur licin. Sehingga anak tidak akan geli atau jijik saat bertemu dengan objek yang licin dan geli seperti belut nantinya.

Aspek Kognitif

Selain anak mengenal hewan bernama belut yang tidak memilliki kaki dan rupanya seperti ular, ia juga akan distimulasi untuk berpikir memecahkan masalah yang tengah ia hadapi. Yaitu bagaimana caranya menangkap belut yang licin itu.

Aspek Sosial Emosional

Anak TK, perlu sekali di latih untuk menaati sebuah aturan yang berlaku untuk membentuk karakter dirinya. Dalam lomba, aspek ini akan distimulasi, karena tentunya ada aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat lomba berlangsung.

Lomba Mewarnai Gambar Sederhana Tema Indonesia

tema lomba anak TK

Nah, Sobat berdaya lomba yang satu ini rasanya nggak pernah absen ya, dari anak-anak TK. Terlihat sepele, tapi manfaatnya tak pernah diduga.

Bukan karena anak-anak menyukai warna-warna saja, tapi karena aktivitas mewarnai memang begitu penting bagi anak-anak TK. Sebab, saat mewarnai ada aspek-aspek perkembangan yang terstimulasi.

Aspek Seni.

Saat mewarnai anak bebas ingin mewarnai objek gambar dengan warna apa saja. Aktivitas ini mengizinkan anak mengekspresikan diri lewat karyanya. Serta, memilki rasa bangga dengan karya yang telah ia buat.

Selain itu, anak juga akan mengenal berbagai warna dan perpaduannya yang menghiasi karya terbaiknya.

Aspek Kognitif

Dengan objek gambar bertema Indonesia, anak akan terstimulasi mengenal objek gambar. Misal, mewarnai burung garuda. Anak akan mengenal lambang negera Indonesia. Atau mewarnai objek gambar anak-anak yang sedang bermain engrang. Anak akan mengenal permainan tradisional yaitu engrang.

Aspek Motorik Halus

Kenapa anak TK sering diberikan ativitas mewarnai? Sobat berdaya tahu kenapa? Apakah hanya sekedar anak-anak menyukai warna-warna pada krayon atau pencil warna?

Ternyata tidak sobat. Aktivitas mewarnai, menstimulasi motorik halus anak yaitu menguatkan jari-jari tangan agar kuat saat memegang pensil di usia menulisnya nanti. Anak akan tahu seberapa kekuatan yang dibutuhkan jari-jari untuk menekan sebuah pensil warna untuk menghasilkan warna.

Aspek Sosial Emosional

Saat berlomba, anak mengikuti sebuah aturan yang berlaku, time out saat lomba dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat lomba mewarnai. Atau terkadang ada anak memberikan pertolongan pada lawan mainnya, misal meminjamkan penghapus. Inilah aspek sosial emosional anak yang sedang terstimulasi. Tidak hanya itu, saat anak tahu ia menang atau kalah, lagi-lagi aspek sosial emosional anak akan terstimulasi. Seperti apa reaksi yang akan ditampakkan anak saat kekalahan atau kemenangan yang ia dapatkan.

Lomba Menyanyikan Lagu-lagu Nasional

Sobat berdaya adakah anak-anak yang tidak suka bernyanyi, musik, lagu? Ada tidak ya? Sependek pengamatan kaknzul nih, anak-anak menyukai musik dan lagu. Bahkan, saat mereka masih usia satu tahun dan mendengarkan lagu, mereka akan memberikan respon meski belum tahu makna lagunya. Respon yang diberikan biasanya, ikutan bergumam atau sekedar menggoyangkan tubuhnya.

Ya, karena tugas perkembangan anak tengah berkembang. Kesempatan ini sebenarnya bisa diarahkan dengan memberikan lagu-lagu pilihan. Nah, momen hari kemerdekaan harus dimanfaatkan dengan tugas perkembangan anak yang satu ini.

Aspek Seni

Anak mengenali bahwa salah satu cara mengekspresikan diri yaitu lewat lagu. Anak akan merasakan bagaimana semangat yang bergemuruh dari lagu-lagu nasional. Selain itu, anak akan mengenal lagu-lagu nasional yang kini sangat jarang didengar oleh mereka.

Aspek Bahasa

Dari lagu-lagu nasional, tentunya banyak kosa kata baru yang didapat oleh anak. Diantara kata-kata yang diucapkannya, pasti anak akan bertanya misal garuda pancasila itu apa? Patriot itu apa, Bu? Atau yang lainnya.

Aspek Kognitif

Saat anak bernyanyi, otaknya sedang bekerja untuk memaknai kata demi kata dari lagu yang dinyanyikan. Bahkan saat ia tidak tahu, ia akan bertanya untuk menggali lebih dalam hingga akhirnya ia temukan hal yang baru dari kosa kata yang terdapat pada lagu.


Lomba Memindahkan Air dengan Gelas Plastik dan Tali Bersama Ibu

Lomba yang satu ini semakin seru, karena tidak dimainkan sendirian tapi harus bersama ibu. Manfaat yang didapatkan anak selain menguatkan bonding, ada aspek perkembangan yang terstimulasi

Aspek Motorik Halus

Karena lomba ini tidak menggunakan tangan secara langsung, maka ada motorik halus yang distimulasi. Anak akan belajar mengontrol kekuatan tangannya agar gelas dapat terisi dengan air dan sampai ke tempatnya tanpa tumpah.

Aspek Kognitif

Selain aspek motorik, ada aspek kognitif juga yang terstimulasi. Dimana anak akan berpikir bagaimana caranya agar gelas plastik dapat terisi air dan tidak tumpah saat diperjalanan hingga ke ember berikutnya.

Aspek Sosial Emosional

Selain mengikuti aturan lomba yang telah ditentukan panitia, anak akan belajar bekerjasama dengan ibu. Ia akan tahu, bahwa kekuatan yang ia milki tidak cukup untuk membawa air dalam gelas agar tidak tumpah dan sampai ke ember berikutnya.

Lomba Memindahkan Karet dengan Sumpit

Ada lagi nih lomba anak TK yang terlihat sepele, tapi mendidik dan bermanfaat untuk anak yaitu lomba memindahkan karet dengan sumpit.

Aspek Motorik

Saat menjepit karet dengan sumpit, jari-jari tangan anak akan distimulasi agar dapat memindahkan karet ke piring berikutnya. Aktivitas ini menstimulasi motorik halus yang bermanfaat untuk menguatkan jari anak sehingga kuat saat memegang pensil diusia menulisnya nanti.

Aspek Kognitif

Anak akan berpikir bagaimana caranya agar karet dapat dijepit oleh sumpit dan tidak jatuh sampai di piring berikutnya.

Sosial Emosional

Anak akan mengikuti aturan yang berlaku saat lomba. Misal tidak boleh memindahkan karet dengan dua tangan secara langsung. Atau menggunakan bantuan tangan kiri atau aturan lainnya.

Lomba Terompah Panjang bersama Ayah dan Ibu 

lomba anak TK yang lucu
Lomba yang satu ini akan seru sekali, karena tidak akan dimainkan sendirian, tapi bersama ayah dan ibu. Selain menguatkan bonding, permainan ini menstimulasi aspek perkembangan anak. Nah, buat sobat berdaya yang butuh referensi lomba anak TK dan orang tua, cobain deh lomba yang satu ini.

Aspek Motorik Kasar

Anak akan diminta untuk menggunakan kekuatan fisik saat melangkah menggunakan terompah panjang. Melangkah bersama ayah dan ibu sampai ke garis finish.

Aspek Kognitif

Dari lomba ini anak TK akan mengenal permainan tradisional yang dimiliki Indonesia. Selain itu, anak akan diajak berdiskusi dalam menemukan cara untuk bisa melangkah dengan terompah tanpa terjatuh.

Aspek Sosial Emosional

Selain mengikuti aturan yang berlaku selama lomba, kerjasama menjadi penting dalam permainan ini. Anak akan ikut bekerjasama dengan ayah dan ibu untuk melangkah sampai ke garis finish.

Lomba Memindahkan Bendera 

permainan lomba anak TK

Lomba yang satu ini juga sering diselenggarakan di Taman Kanak-Kanak. Apa saja aspek perkembangan yang terstimulasi?

Aspek Motorik Kasar

Saat anak berlari memindahkan bendera dari satu botol ke botol berikutnya, tugas perkembangan pada motorik kasar anak sedang distimulasi.

Aspek Kognitif

Dari lomba ini, selain anak kenal dengan warna bendera Indonesia, anak juga akan dilatih untuk menemukan strategi saat berlari dan memasukkan bendera pada botol agar tidak terjatuh.

Aspek Sosial Emosional

Mengikuti aturan yang berlaku saat lomba memindahkan bendera menjadikan anak terstimulasi tugas perkembangan sosial emosional anak.
 
Nah, begitulah sedikit pemaparan tentang lomba anak TK yang mendidik dan bermanfaat. Bukan cuma seru dan lucu, tapi harus tepat sasaran dan bermanfaat bagi perkembangan anak. Eits, lomba-lomba seperti ini bukan hanya dilakukan di hari kemerdekaan saja ya, sobat berdaya. Kapanpun bisa dilakukan bersama anak-anak di rumah. Atau buat sobat berdaya yang sedang menyusun lesson plan dengan tema Hari Kemerdekaan, beberapa lomba diatas bisa dijadikan referensi. Selamat berlomba!

3 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Seruuunya bs jadi bahan pertimbaangan lomba tahun depan :)

    ReplyDelete
  2. Benar-benar deh tahun ini, tahunnya ngerasain gimana bikin anak senang ikut lomba dan ketagihan. Lomba-lomba 17-an kemarin semua aspek didapet, termasuk aspek kecapekannya Kak hehehe

    ReplyDelete
  3. wuishh keren kali kak Nida, masih di suasana agustusan

    ReplyDelete