kaknzul.com

Manfaat SEO On Page Pada Artikel Blogger Pemula



Hai Sobat berdaya Kaknzul. Alhamdulilah, sekarang sudah masuk materi ke 6. Itu artinya perjuangan masih terus berlanjut.


Materi ke 6 ini lebih detail bahas tentang SEO dan manfaat SEO itu sendiri. Duh apa lagi itu ya. Serius, emang banyak banget istilah dalam blogging. Bismillah, belajar satu-satu sambil diaplikasikan ke pojok ruang rasa dan kata Kaknzul ya. Supaya sobat berdaya mudah dan nyaman ketika main ke sini.

Apa Itu SEO ?

manfaat seo on page dan cara kerjanya

Tak kenal maka kenalan yuk. Lanjut PE DE KA TE biar makin kenal ya hahahha.

Baiklah, kita mulai dari apa sih SEO itu? SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah optimasi yang dilakukan agar website berada di peringkat teratas dalam mesin pencarian (search engine).

Namun, proses untuk bisa sampai di peringkat atas tentu tidaklah singkat. Butuh waktu yang tidak sebentar.

Serius loh, ikutan coaching blogging nggak sampai kepikiran buat belajar sampai sini. Sebelum ikutan #Blogspediachoaching4, pengen belajar blogging cuma ingin nulis tanpa harus mikir batasan jumlah karakter dan tulisannya bisa bermanfaat buat orang lain. Udah gitu aja! hehehe

Eh ternyata, Coach Marita membuka mata saya kembali. Tentang pentingnya SEO ini. Gimana mau bermanfaat, kalau tulisannya nggak bisa masuk ke mesin pencarian. Gimana mau bermanfaat, kalau saat sobat berdaya ketik sebuah keyword , tapi ternyata bukan artikel Kaknzul yang muncul hahahaha

Ya, jadi SEO ini akan membantu para blogger lebih mudah bertemu dengan para pembacaanya. Apalagi, blogger pemula seperti Kaknzul yang masih minim viewers ini.

Semakin bagus SEO yang digunakan dalam artikel, maka semakin berpeluang sebuah artikel bisa berada di peringkat atas mesin pencarian.

SEO On Page


Salah satu SEO yang harus dipahami oleh blogger pemula adalah SEO On Page. Apa sih SEO On Page itu? Dan bagaimana cara kerja SEO On Page pada artikel? Serta, apa saja elemen-elemen yang menjadi kaidah dari SEO On Page?

manfaat seo on page pada artikel blogger pemula

Cara kerja SEO on page ini mengoptimasi pada tiap halaman di website atau setiap artikel yang dipublikasikan.

Ada beberapa hal yang harus diterapkan pada halaman website atau artikel sehingga SEO friendly. Dan membawa artikel sampai pada peringkat teratas di search engine.

Optimasi SEO On Page, berfokus pada kualitas konten dan kode HTML. Coach Marita juga menyampaikan, bahwa ada beberapa elemen yang menjadi kaidah dari SEO on page.

manfaat seo on page

1. Keyword


Dalam menerapkan SEO On Page pada artikel, peranan keyword sangat penting. Karena ia berperan untuk memudahkan pembaca bertemu dengan artikel milik kita.

Ada tips nih dari Coach Marita, dalam menentukan keyword. Pertama, lakukan riset terlebih dahulu. Gunakan keyword 4 atau lebih suku kata. Semakin spesifik keyword yang digunakan, maka semakin sedikit pesaingnya.

Setelah itu ketikkan di kolom pencarian, lihat berapa jumlah artikel yang menggunakan keyword tersebut. Gunakan keyword, jika di bawah 3.000 pengguna.

Selain itu, usahakan keyword diletakkan diawal judul agar tidak terpotong jika ternyata melebihi 50 karakter

Tak lupa pula, lihat dibagian bawah penelusuran, ya sobat berdaya. Catat keyword yang berkaitan dengan kata kunci yang kita gunakan dan masukan kata kunci berkaitan itu ke dalam artikel kita. Bisa disebar di heading, title dan alt image.

Oh ia, hampir lupa sobat berdaya. Satu lagi tips yang berkaitan sama kata kunci. Letakkan kata kunci pada paragraf pertama dan akhir, serta pada sub judul ya.

2. Judul


Judul maksimal 50 karakter yang didalamnya terdapat keyword. Ada rumus dari Coach Marita dalam membuat judul nih.

“Judul= Pemanis+Kata Kunci atau Kata Kunci+Pemanis”

 

3. Optimasi pada Heading


Bagian ini akan membuat artikel sobat berdaya lebih rapi dan terstruktur. Jika menggunakan template yang sudah SEO friendly, maka judul utama akan otomatis menjadi H1 . Selanjutnya, untuk judul berikutnya bisa menggunakan H2 atau subjudul. Lalu, jika ternyata di dalam subjudul ada point-point lagi, maka gunakan H3 atau judul kecil dan begitulah seterusnya. Oh ia, jangan lupa ya tambahkan bullet numbering jika dibutuhkan agar artikel rapi dan mudah untuk dipahami

4. Meta Deskripsi


Buatlah meta deskripsi yang memuat keyword, maksimal 150 karakter. Lalu, isikan di kolom meta deskripsi.

5. Internal Link


Internal link ini adalah memberikan link artikel milik kita yang berkaitan dengan tulisan yang akan di posting.

6. Eksternal Link


Selain internal link, ada juga eksternal link. Yaitu meletakkan link eksternal, misal milik agency atau klien atau bisa juga link website tempat usaha yang ingin kita rekomendasikan.

7. Infograsi


Siapkan infografis atau foto yang berkaitan dengan artikel kita. Oh ia, sobat berdaya, jangan lupa rename file foto atau infografis dengan kata kunci dengan memberikan tanda penghubung (-) setiap katanya.

Selain itu, isi title dan alt foto dengan kata kunci atau kata kunci yang berkaitan. 

Ada lagi nih tips dari Coach  Marita untuk infografis atau foto yang digunakan pada artikel. Pastikan foto tidak lebih dari 100 KB, untuk memastikan loading artikel tetap aman.

Manfaat SEO On Page


Kenapa sih blogger pemula harus tahu tentang SEO?

Nah, Kaknzul menemukan 5 manfaat SEO On Page bagi blogger pemula yang relate banget sama Kaknzul.

1. Mengantarkan Artikel Pada Peringkat Atas

 
manfaat seo on page

Siapa sih yang nggak pengen artikelnya berada diperingkat atas pada mesin pencarian? Saat pembaca mengetik sebuah keyword, maka artikel yang berada paling atas adalah artikel kita. Kaknzul kira semua ingin seperti itu ya.

Menjadi artikel yang berada di peringkat atas, membangun image bahwa artikel kita dapat dijadikan referensi bagi para pembaca.
Selain itu, posisi paling atas pada mesin pencarian membuat peluang artikel kita dibaca menjadi lebih besar. Sehingga, menambah jumlah viewers pula.

Seru kan, kalau pembaca menuliskan sebuah keyword, lalu artikel kita bisa berada di posisi teratas.

2. Pencarian Artikel Lebih Mudah


manfaat seo on page dan elemen-elemennya
Nah, buat sobat berdaya yang punya mimpi agar tulisannya dapat bermanfaat buat orang banyak, wajib banget menerapkan SEO On Page ini pada artikel. Karena SEO On Page akan memudahkan para pembaca menemukan artikel kita yang bermanfaat buat mereka.

Sebaliknya, sebagus dan sebesar apapun manfaat artikel yang telah dibuat, jika tak menerapkan SEO On Page, maka artikel itu tidak akan pernah sampai kepada para pembacanya.

Dengan SEO On Page yang diterapkan, pembaca cukup menuliskan keyword yang ingin mereka temui. Maka, artikel kita akan muncul dalam mesin pencarian. Sehingga, penting banget meletakkkan keyword yang tepat dalam artikel yang kita buat.

3. Bertemu Pada Pembacanya

manfaat seo on page dan cara kerjanya pada artikel

Setiap blogger tentu memiliki sasaran pembaca. Nah, SEO On Page yang diterapkan blogger dapat mempermudah untuk bertemu dengan pembacanya. Peranan keyword lagi-lagi menjadi penting, sebab keyword lah yang digunkan pembaca untuk bisa menemukan tulisan kita.

Keyword disini dapat diletakkan pada judul, paragraf pertama dan akhir, title tag, header tag, meta deskripsi dan link internal.

4. Artikel akan Menjadi Referensi Informasi

manfaat seo on page


Ini nih yang pasti diinginkan oleh setiap blogger. Artikel kita menjadi referensi informasi bagi para pembaca saat ingin menemukan sebuah informasi.

Maka, perlu upaya optimasi agar kebermanfaatan artikel kita bisa sampai kepada para pembaca. Sebab, menjadikan artikel kita berapa pada peringkat atas membuat website dan artikel kita terpercaya

5. Memudahkan Blogger Dalam Menyusun Kerangka Tulisan.

manfaat seo on page pada artikel blogger pemula

Nah, satu lagi nih manfaat SEO On Page yang relate sama Kaknzul.

Awal nulis di blog, yang menjadi kendala Kaknzul adalah melakukan breakdown ide menjadi sebuah tulisan. Bahkan tidak jarang, tulisan menjadi meluas banget alias terlalu panjang kali lebarnya. Hahaha

Namun, dengan penerapan kaidah SEO on page, Kaknzul jadi terbantu untuk mem-breakdown ide tulisan yang siap dikembangkan menjadi sebuah artikel.

Mulai dari menuliskan ide, menentukan keyword, menemukan keyword yang relate, judul, sub-sub judulnya, meta deskripsi. Bahkan merencanakan link internal atau eksternal yang mana yang akan diletakkan dalama artikel.

Nah, sudah kebayangkan sobat berdaya tentang SEO dan manfaat SEO On Page pada artikel blogger pemula. Jangan lupa diterapkan perlahan-lahan kaidah-kaidah SEO On Page nya ya. 

Semoga bermanfaat sobat berdaya ;D

7 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Setelah baca kaidah dan manfaat seo on page,jadi pingin edit artikel2 yg lama biar bertemu pembacanya

    ReplyDelete
  2. Bener banget biar direkomendasikan google butuh waktu yang nggak sedikit, apalagi buat pemula harus lebih sabar ya mbak

    ReplyDelete
  3. Selama ini nulis artikel ya hanya nulis trus posting di blog.
    Setelah ikut kelas Blogspedia Coaching ini, jadi lebih tahu akan pentingnya SEO.

    ReplyDelete
  4. Mau banget menemukan manfaat seperti yang didapat Kaknzul..

    ReplyDelete
  5. Aaaa penjelasannya lengkap dan mudah dipahami kakk🦋

    ReplyDelete
  6. Suka banget sama artikelnya kak, selain informasinya bantu banget buat aku blogger pemula, gambarnya Lo gak bikin bosen. support banget buat menjelaskan artikelnya.. hehe suka suka suka kak....

    ReplyDelete
  7. Masya Allah, liat blog saya kok boro-boro dapat peringkat di mata google, Kak. Di kata saya sendiri, masih gelap peringkatnya 🙈

    ReplyDelete