kaknzul.com

Seru! 30 Hari Bermain Bersama Anak


main sama anak

Source: Dokumentasi  @kaknzul

Hai Sobat Berdaya Kaknzul. Apa yang terlintas dalam pikiran sobat ketika mendengar kata “Bermain?”

Menyenangkan, seru, happy? Atau mungkin ada yang langsung terbayang wajah anak-anaknya ya. Hahahha ia, benar juga ya. Bermain itu identik sama anak-anak. Bahkan, terkadang lisan kita tanpa sadar menyebutkan sebuah kalimat, “Anak-anak itu kerjaannya maiiiiiiin aja!”

Hayoooo siapa yang pernah berkata seperti itu?

Kalau dipikir-pikir, kenapa ya anak-anak suka banget sama bermain? Bahkan semua aktivitas juga bisa berubah menjadi kegiatan bermain bagi anak.

Bermain Bagi Anak

bermain bag anak

Source: Dokumentasi  @kaknzul

Nah, yang perlu kita ketahui nih sobat. Pandangan orang dewasa dan anak-anak tentang bermain itu ternyata berbeda loh. Kalau orang dewasa biasanya menganggap bermain itu sebagai sesuatu yang tidak penting, membuang-buang waktu, bersantai-santai atau mungkin lainnya.

Nah, kalau versi anak-anak gimana? Kak Nzul selalu ingat kata-kata dari Bunda Nani Nurhasanah founder Gerakan Binar,

“Anak tidak pernah main-main saat bermain.”

Untuk itulah, bermain bagi anak itu adalah sebuah project yang serius. Coba deh perhatikan anak kalau lagi main. Serius banget. Sampai terkadang, dipangil aja susah noleh, ya. Hahahha

Kenapa anak  tidak main-main saat bermain? Karena saat bermain, anak sedang mencari tahu apa yang ingin ia ketahui. Saat bermain, anak memberikan ruang bagi perkembangannya untuk terus berkembang. Misal, saat bermain pasir di depan rumah. Anak sedang memberi ruang motorik halusnya untuk terstimulasi. Atau contoh lainnya, saat anak bermain dengan anak tetangga. Anak sebenarnya sedang memberikan ruang pada perkembangan sosial emosionalnya untuk berkembang. Atau hal yang terlihat begitu sepele, saat anak berumur satu tahun ia bolak balik membuka tutup botol. Buat anak itu bukan main-main, anak sedang melatih tangan dan konsentrasinya untuk menutup dan membuka tutup botol.

Jadi, bermain itu dapat menstimulasi perkembangan anak. Menstimulasi tugas perkembangan sesuai dengan usianya.

Nah, dari sini Kaknzul jadi tahu loh, bahwa bermain itu memiliki segudang manfaat bagi anak.Karena, lewat bermain anak juga belajar banyak hal dengan menstimulasi kognitifnya

Manfaat 30 Hari Bermain Bersama Anak

makna bermain bagi anak

Source: Dokumentasi  @kaknzul

Kenapa harus 30 hari bermain bersama anak?

Sebenarnya tidak ada ukuran pasti, berapa hari yang digunakan untuk bermain bersama anak sehingga membentuk kebiasaan baik. Namun, karena kita tahu bahwa bermain itu memiliki banyak manfaat, sehingga penting buat orang membangun kebiasaan baik ini.

30 hari adalah waktu yang dipilih untuk melatih kebiasaan baik bermain bersama anak, agar otak terbiasa. Tidak hanya orang tua, anak pun menjadi terbiasa. Sehingga, saat anak merasa belum mendapatkan waktu untuk bermain bersama orangtuanya, ia akan bertanya,”Bunda, kapan kita main? Hari ini kita main apa, Bun?”

Serukan, kalau anak yang sudah nagih minta main. Sebagai orang tua, pasti  akan bersemangat mencari ide bermain bersama anak setiap harinya.

Nah, ini nih yang Kaknzul rasakan selama 4 tahun terakhir. Anak-anak yang sudah terbiasa bermain bersama Kaknzul, akan bertanya mereka akan main apa. Bahkan, protes kalau mereka merasa belum bermain bersama Kaknzul.

Berawal dari challenge #30haribermainbersamaanak, anak-anak jadi ketagihan bermain bersama Kaknzul.

Ada banyak manfaat loh manfaat 30 hari bermain bersama anak yang Kaknzul dan anak-anak rasakan.

Memantau Tumbuh Kembang Anak

Di challenge 30 hari bermain bersama anak ini, Kaknzul diajarin memantau tumbuh kembang anak dengan STPPA (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak). Apa itu STPPA ya? Sama, dulu awal ikut challenge juga bingung apa itu? Hahaha

Jadi tuh, sebelum challenge Kaknzul dan ibu lainnya diajaki cara mengobservasi tumbuh kembang anak.Karena, saat challenge anak akan diajak main dengan tujuan menstimulasi tugas perkembangan anak diusianya.

Jadi, disini tuh Kaknzul dan ibu lainnya bisa tahu perkembangan apa yang belum tuntas diusia anak dan cara menstimulasinya lewat bermain.

 

Mempererat Ikatan Emosional

Diusia dini penting banget membangun kedekatan emosional  dengan anak. Bahkan, ketika anak merasa dekat secara emosional dengan orangtuanya, akan terbangun kepercayaan diri pada anak. Dan kelak kepercayaan ini akan menjadi modal bagi anak ketika terjun ke masyarakat.

 

Nah, lewat 30 hari bermain bersama anak ini, Kaknzul merasakan banget waktu kebersamaan saat bermain menjadikan kita lebih dekat secara emosional. Terutama Kaknzul, kebersamaan saat bermain membantu sekali untuk mengenali anak-anak dari sisi emosional mereka.

 

Menciptakan moment menyenangkan

Ada nggak diantara sobat berdaya yang masih ingat, berbagai aktivitas menyenangkan yang pernah dilakukan bersama orang tua di masa kecil? Misal, berkebun bareng ayah dan ibu, mencuci sepeda bareng ayah atau membantu ibu masak dan menjemur pakaian atau ada moment lainnya?

Itu artinya, moment-moment tersebut begitu berkesan bagi sobat.

Nah, lewat 30 hari bermain bersama anak, Kaknzul tengah mengukir moment-moment menyenangkan itu. Agar kelak bisa diputar kembali oleh anak sebagai fim yang menyenangkan pula.

 

GerakanBinar

gerakan binar

Source: Dokumentasi  @kaknzul

Sobat berdaya, Kaknzul pengen kenali partner main yag selama ini mendampingi Kaknzul membersamai anak-anak di rumah nih.

Teman main ini memiliki visi menjadi komunitas yang mensupport kebutuan Ibu dalam mencari ide bermain untuk anak usia dini dan pemahaman parenting.

Ini yang Kaknzul sebut tadi, kalau sebelum challenge 30 hari bermain bersama anak kita dipenuhi dulu kebutuhannya. Yaitu kebutuhan tentang wawasan parenting sebagai modal dalam membentuk kebiasaan baik bermain bersama anak.

Selain itu, para ibu diajak menyusun rencana bermain sesuai tema yang telah ditentukan, belajar maindfullnes saat menemani anak bermain dan membuat jurnal kegiatan anak selama 30 hari.

 

6 Program Unggulan Gerakan Binar

Source: Dokumentasi  @kaknzul

Nah,karena sobat berdaya semakin penasaran, Kaknzul spill 6 program unggulan Binar yang selama ini menjadi favorit para member.

Program pemberian Materi.

Nah, diawal Kaknzul udah ceritakan ya. Kalau sebelum challenge 30 hari bermain bersama anak, para peserta akan diberikan materi sebagai modal dalam membangun kebiasaan baik bermain bersama anak.

Pemberian materi juga disampaikan oleh para ahli yang expert dibidangnya masing-masing.

Challenge 30 hari bermain bersama anak

Ini yang paling ditunggu sama para peserta. Setelah pemberian materi dilakukan, peserta akan menjalani challenge selama 30 hari.

Tenang,,, tetap didampingi loh sama fasilitator. Setiap pekannya akan ada tema bermain yang dibagikan. Jadi, membantu peserta buat menyusun rencana bermain anak.

Reward Training of Trainer Read Aloud

Program ini menjadi reward bagi peserta yang berhasil menuntaskan challenge 30 hari bermain bersama anak. Tidak tanggung-tanggung loh, sesi reward ini akan diisi langsung oleh Ibu Roosie Setiawan. Nah, kenal dong dengan ibu Roosie Setiawan.

Reward pelatihan Binar Calistung

Program ini menjadi reward bagi peserta yang berhasil menuntaskan challenge 30 hari bermain bersama anak. Dan sesi  ini, disampaikan langsung dari Binar calistung yang ilmunya bermanfaat sekali bagi orang tua dan anak-anak.

Virtual playdate

Para member binar ada ada 1.700 lebih dan tersebar  seluruh penjuru Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri, tapi kondisi ini tidak membuat member terhalang untuk main bareng. Dan binar memfasilitasi dengan virtual pladate.

Membuat E-Book, dan buku cetak

Nah, buat member binar yang memiliki ketertarikan di dunia menulis, Binar fasilitasi tempat untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan potensi. Dan saat ini Binar sudah punya tiga karya buku cetak loh. Dua buku hasil karya para ibu yang menjadi member Binar dan yang satu lagi menjadi karya dari anak-anak member Binar yang berusia 7 tahun keatas.

Baca juga : Pembukaan Binar Batch 13  

Nah, gimana? Tertarik kan buat gabung.

Saat ini Kaknzul lagi mengikuti batch 13 nih. Dan kabar bahagianya bentar lagi batch 13 akan berakhir, itu artinya batch 14 akan segera dibuka. Waaah, pas banget kan. Buat sobat berdaya yang mau mencoba rasanya challange 30 hari bermain bersamaanak, jangan sampai ketinggalan di open member batch 14 ya. Bisa di pantengi tuh IG gerakan binar @binar_bermainbelajar supaya tidak ketinggalan.

 

9 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Programnya keren-keren kak.
    Anak-anak diajak bermain sambil belajar. Para ibu juga mendapat ilmu parenting dan ide-ide yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  2. Seru liat permainannya, cock ini buat mengalihkan anak dari games dan tontonan video di hp. Semoga lulus sampai wisuda di batch 13 ya mbak

    ReplyDelete
  3. Aku kena ini sama foundernya, tapi belum sempat gabung. Seru ya

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah keliatan seru dan menyenangkan ya mbak. Selain itu juga dijamin bagus buat ngebangun bonding ortu dan anak. Baru tau nih ada challenge seseru ini hihi

    ReplyDelete
  5. Idenya luar biasa sekali.. sederhana tapi dampaknya besar sekali

    ReplyDelete
  6. Huaaaaa, keren banget kata²nya "Anak-anak saja gak pernah main² dalam bermain"
    Masak kita main² dalam menemani mereka bermain. Huhu

    ReplyDelete
  7. Yuhuu...seru banget ini... kalau didokumentasikan bermainpun bisa nggak main-main ya kak..saluuut

    ReplyDelete
  8. Seruuu jadi punya ide bermain bersmY anak yeah

    ReplyDelete