kaknzul.com

SOBAT BERDAYA KAKNZUL

 

Pembaca setia kaknzul adalah sobat berdaya
Sumber: Canva

Hai sobat berdaya. Sebelum Kaknzul lanjut nulis topik kali ini, jangan lupa bilang terimakasih sama dirimu ya, karena telah berjuang untuk menaklukkkan berbagai tantangan yang melintang. Bukan tantangannya yang kecil atau besar, tapi karena kamu lah yang mampu memberdayakan diri. Selalu semangat ;)

Oke, kita mulai bahas topik hari ini. Yap, tulisan ini spesial buat kamu, sobat berdaya.  Ia kamu! Kamu yang bakalan sering-sering main kesini dan ingin mencari sesuatu yang kamu butuhkan disini.

Alhamdulillah, tugas yang menegangkan kemarin terlewati. Lanjut, tugas berikutnya yang akan lebih ngulik tentang sosok kamu yang akan terus berpegangan tangan bareng untuk memberdayakan diri.

Perintah pertama dari tugas kali ini adalah “kenali siapa sobat berdaya Kaknzul?? Seperti apa karakternya, apa yang mereka cari di Kaknzul? Persoalan apa yang mereka hadapi sehingga memutuskan buat main ke Kaknzul? Dan apa sih sebenarnya yang mereka ingin capai setelah main ke Kaknzul?”

Baiklah, mari kita mulai perjalanan analisis pagi ini buat mencari sobat berdaya lebih banyak lagi.

Kalau ditanya, “siapa sobat berdaya Kaknzul.blogspot.com?” Karena tempat berdaya ini baru saja di bangun, tentunya yang sering main kesini adalah mereka yang satu circle dengan Kaknzul. Siapa mereka? Mereka adalah sobat-sobat berdaya dari #Blogspediacoaching4. Tapi nggak boleh puas sampai disitu dong. Inilah saatnya buat menarik lebih banyak lagi sobat berdaya. Dan karena ini adalah awal bagi Kaknzul, maka mari persiapkan suhu yang akan membuat nyaman para sobat berdaya disini.

 

1.       Profile Sobat Berdaya

Ya, Kaknzul menyapa mereka dengan panggilan sobat berdaya. Kenapa? Karena, sama seperti Kaknzul yang ingin terus memberdayakan diri dengan menulis dan membagikan tulisan, maka sobat yang main ke Kaknzul  adalah para sobat berdaya. Yaitu mereka yang terus membaca, mencari, belajar lagi dan coba lagi, lalu evaluasi. Mencoba  formula A buat menalukkan tantangan yang ada. Jika pada akhirnya formula tersebut tak mampu menaklukkan tantangan, maka coba formula yang lainnya dan terus berulang seperti itu. Hingga akhirnya, kedua kaki mantap untuk bergerak dengan bakat, minat dan mimpi sobat masing-masing.

Realistis menjalani kehidupan. Karena yang namanya hidup itu udah sepaket sama tantangan dan ujian. Berlari menjauhi tantangan bukan solusi. Mencari kambing hitam juga bukan sebuah alasan yang terus membuatmu berada dalam kondisi yang baik, justru terkadang sebaliknya. Kambing hitam itu hanyalah kamuflase yang mengaburkan jalanmu.

"Menghadapi tantangan dan ujian, itulah cara terbaik dalam menaklukkannya.Tentunya, butuh diri yang berdaya untuk menjadi pribadi yang tangguh. Dan semuanya itu butuh ilmu."

 Walaupun nantinya jalan yang ditempuh berbeda, tapi yang menjadi kesamaan Kaknzul dan sobat berdaya adalah semangat untuk terus memberdayakan diri.

 

2.       Deskripsi Sobat Berdaya

pembaca setia kaknzul adalah sobat berdaya
Sumber: Canva

Sobat berdaya  adalah para perempuan yang memiliki semangat berkobar untuk terus menjaga diri mereka dengan melaksanakan yang menjadi perintah dan hak Penciptanya. Bahkan, mereka memainkan peran dengan sebaik-baiknya hanya untuk mendapatkan ridho dari-Nya.

Kalau ditanya tampilan fisik, bisa dibayangkan ya. Pakaian terbaik seperti apa yang mereka pasangkan ke tubuh untuk menjaga nikmat dari Sang Pemberinya.

Apa pekerjaan mereka? Mereka berstatus sebagai pekerja di Bumi Allah dengan memainkan peran masing-masing. Ada yang menjadi seorang ibu shalihah yang tengah berjuang memberdayakan dirinya untuk menaklukkan tantangan yang melintang di tengah jalan. Dan ada juga singlelillah yang terus memberdayakan diri dengan mengisi diri dengan ilmu untuk mempersiapakan masa depan.

Berada diusia produktif mulai dari 21 tahun, membuat mereka memiliki semangat untuk belajar yang tinggi. Dan membaca, menjadi salah satu jalan yang mereka tempuh untuk  mengantarkan sampai ke Kaknzul.

 

3.       Problem Sobat Berdaya

Realita kehidupan terkadang terasa begitu menyulitkan. Tak jarang rasa ingin menyerah pada keadaan . Namun, lagi-lagi ingat pada Sang Kuasa yang tak mungkin membiarkan sendirian.

Menjalani peran baru sebagai ibu dengan segudang rutinitas yang tiada habis, minim teman ngobrol pahit dan manis, terkadang membuat ingin menangis. Tumpukan tugas domestik yang tiada henti, tak bergantinya pemandangan dan suasana dalam sehari-hari menambah pelik kondisi sobat berdaya. Belum lagi, ada begitu banyak emosi yang memenuhi ransel emosi  yang selama ini tak tahu bagaimana caranya untuk me-realeasenya.

Disisi lain, ada juga sobat berdaya yang menjalani peran dalam penantian yang tiada tahu kapan waktu akan dipertemukan. Kekhawatiran demi kekhawatiran terus menyelimuti seiring bertambahnya usia. Dan lambat laun, kekhawatiran itu mengurangi rasa percaya diri, sebab khawatir bertemu dengan orang dan akan disodorkan dengan pertanyaan yang sama, “Kapan nyusul? Kok belum nikah? Banyak-banyak milih,sih?”

Problem inilah yang membuat sobat berdaya merasa butuh untuk main ke Kaknzul untuk mencari imun yang menguatkan dalam menghadapi problem-probem tersebut. 

 

4.       Motivasi Sobat Berdaya

Diantara para sobat berdaya, ada yang menyadari bahwa hidupnya menjadi jantung dari kehidupan di rumah. Lemahnya diri mereka dalam menghadapi tantangan yang ada, menjadikan seisi rumah turut menjadi lemah tak berdaya. Sebaliknya, kuatnya diri mereka, akan menguatkan atmosfer rumah dan seisinya. Mereka adalah sobat berdaya yang tengah memainkan peran sebagai ibu.

Namun, ada juga nih sobat berdaya yang melihat dirinya sebagai insan yang harus terus berproses menjadi lebih baik untuk masa depan. Memperbaiki diri hari ini untuk masa depan yang lebih baik. Mereka adalah sobat berdaya yang tengah menanti hari pertemuan itu dengan cara belajar. Untuk itulah, sobat berdaya butuh imun untuk menguatkan dalam memainkan peran dengan sebaik-baiknya di mata Sang Khaliq.

 

5.       Impian Sobat Berdaya

Pembaca setia kaknzul adalah sobat berdaya
Sumber: Canva

Impian sobat berdaya juga menjadi impian Kaknzul. Untuk itulah, dengan mimpi yang sama, Kaknzul ingin memeluk sobat berdaya dan berjuang untuk memberdayakan diri agar mampu melewati berbagai tantangan yang nantinya akan menjadi rintangan.

Lewat tulisan, Kaknzul memeluk sobat berdaya. Saling berpegang tangan, mengingatkan dalam kebaikan dan menguatkan untuk menyusuri setiap tapak kehidupan.

Dan mimpi besarnya adalah kebermanfaatan dari diri yang berdaya tak hanya sampai di diri sendiri. Namun, diperluas kepada orang lain untuk memeluk lebih banyak lagi sobat berdaya.

 

6.       Upaya Kaknzul

pembaca setia kakanzul adalah sobat berdaya
Sumber: Canva

Memeluk sobat berdaya dan terus mengajak sobat lainnya untuk saling menguatkan, tentu perlu upaya. Keberadaan Kaknzul.blogspot.com menjadi langkah awal untuk terus memeluk sobat berdaya. Langkah selanjutnya, butuh konsistensi untuk menulis, karena lewat tulisanlah Kaknzul memeluk para sobat berdaya. 

Semoga ini menjadi langkah awal untuk sebuah keberlanjutan dalam mewujudkan mimpi Kaknzul dan sobat berdaya.

 

 

@kaknzul

Tugas coaching 4c

6 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Tak sabar pingin curhat ke kaknzul

    ReplyDelete
  2. Bangga bisa jadi bagian Sobat Berdaya nya Kak Nzul.
    Selalu menunggu tulisan2 renyahnya Kak nzul agar aku bisa lebih berdaya ya Kak Nzul. Proud of you Kak Nzul

    ReplyDelete
  3. keren namanya kak. semacam sebutan penyemangat ya, sobat berdaya.. salam kenal

    ReplyDelete
  4. Sebutan yang bagus untuk pembaca. "Sobat berdaya" dengan sebutan itu, kita sebagai pembaca (wanita) merasa sangat dihargai dan diberi semangat untuk lebih maju. Semangat untuk terus belajar dan belajar, melalui dunia literasi pada umumnya dan melalui blog kaknzul khususnya. Matur nuwun mbak sharingnya.

    ReplyDelete
  5. Semoga sama-sama terus berdaya ya kak Nada dan sobat.

    ReplyDelete
  6. Masya Allah ... Kita punya keinginan yang sama, Kak. Saling support antar perempuan agar semakin berdaya dengan apapun peran dan statusnya. Semoga kita bisa saling berbagi inspirasi dan motivasi dengan banyak pembaca ya, Kak. SemangatšŸ”„

    ReplyDelete