kaknzul.com

CANVA, Jalan Sobat Berdaya!


Hai Sobat Berdaya! Semoga tetap semangat untuk memberdayakan diri ya.

Nah, kali ini Kaknzul mau cerita sekaligus bagi tips buat upgrade diri makin berdaya ala Kaknzul nih. Mana nih Sobat berdaya yang suka Nulis, Content Creator, Desainer Graphic, Menggambar, Ibu-ibu olshop, Emak-emak wirausaha, Ibu bapak guru, Kakak mahasiswa atau sobat berdaya yang suka buat printable bermain buat anak? Mari merapat kesini.

Karena Kaknzul mau cerita tentang satu aplikasi yang bisa membantu kita untuk terus berdaya. Huaaah pasti mau dong. Ok kita langsung aja kenalan yuk.

 

Aplikasi Canva

aplikasi canva

Apa sih Canva itu? Sejenis parfum, makanan, mainan atau apa? Hahahha namanya juga aplikasi ya sobat, pastinya bukan buat dicemili apalagi mengharumkan baju.

Canva adalah aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.

Nah,berbagai profesi maupun peran bisa partneran sama Canva ini, Sobat. Itulah kenapa Kaknzul panggil soba-sobat dari berbagai profesi dan peran buat nimbrung disini. Karena Canva punya segudang manfaat untuk membantu tugas kita apapun peran dan profesinya.

Fitur-Fitur Canva

canva gratis

Template

Fitur terbaik dari Canva adalah templatenya. Ada sekitar 750.000 template, bahkan hampir setiap harinya ada template yang baru di tiap kategorinya. Tidak hanya itu, Sobat berdaya masih bisa ngulik dengan memadukan template yang ada dengan karya desain Sobat loh.

Ilustrasi dan Icon

Tidak hanya templatenya yang segambreng. Ilustrasi dan iconnya juga banyak loh. Ada 3D sampai animasi. Nah, pas banget buat Kaknzul dan Sobat berdaya yang pengen desain untuk buat presentasi maupun infografis ya.

PDF Editor

Satu lagi nih fitur dari Canva yang membantu banget buat Kaknzul. PDF Editor. Fitur ini memudahkan Kaknzul import file ke PDF. Dan bukan Cuma PDF ya. Tapi berbagai pilihan bentuk file yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Canva Live

Buat sobat berdaya yang sering melakukan presentasi online, Canva punya fitur yang membantu. Yaitu Canva Live.

Text Customization

Fitur yang satu ini membuat kita berkreasi dengan pilihan font yang beragam. Jadi, tulisan tidak monoton dan tidak membuat mata bosan. Jadi lebih semangat, ya bacanya.

Canva Teams

Ini nih, Kaknzul juga baru tahu, saat diminta ngedit sebuah tulisan di Canva, tapi bareng teman. Keren ya, hanya dengan mengatur akses permision di halaman editornya kita bisa mengedit sebuah desain bareng-bareng.

Grid Desain dan Foto

Menurut Kaknzul nih, Canva itu membantu sekali saat kita perlu mengedit sebuah desain dengan foto atau ngedit foto yang ingin di percantik dengan filter atau tambahan ilustrasi. Plus bisa juga diedit tata letak dan jumlah framenya.

Desain Frame

Buat sobat yang suka koleksi foto di galeri dan pengen di rapikan dengan frame, fitur Canva satu ini cocok banget.Karena ada beragam pilihan frame yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Canva, Jalan Sobat Berdaya

canva pro

Jujur, Kaknzul pakai Canva itu pertama kali tahun 2017. Sampai sekarang masih pakai, tapi ya gitu otodidak. Cuma bermodal “nekad nyoba” haahahah. Jadi, kalau ditanya fitur-fitur di Canva namanya tidak tahu, tapi kalau eksekusi bisa. Kwkwkwk jangan dicontoh ya, Sobat. Mari kita belajar bersama agar tahu nama-nama fitur yang biasa kita gunakan.

Kalau buat Kaknzul sendiri, Canva ini membantu banget untuk buat infografis saat posting tulisan baik di instagram, maupun di blog. Tidak hanya itu, Canva juga bantu Kaknzul saat harus buat presentasi.

Inget banget dulu, buat presentasi pakai PPT. Kendalanya adalah fitur yang terbatas. Alhamdulillah, sekarang ada aplikasi Canva PPT yang buat presentasi dan infograsfis lebih berwarna dan menarik untuk pembaca.

Pastinya nggak Cuma bermanfaat buat Kaknzul aja ya, tapi buat siapapun termasuk emak-emak olshop yang butuh desain promosi atau iklan banner.

 

Yuk! Ngulik Canva

canva PPT

Kaknzul kalau buat infografis untuk blog atau instagram itu lebih sering desain dari awal Sobat. Jadi, pilih ukuran template dan pilih yang blank. Pilih yang blank bukan karena mahir gambar ya. Tapi karena lebih suka yang simple, tidak banyak warna dan gambar hahahaha

Untuk fitur text, kalau untuk judul tulisan biasanya Kaknzul pilih font “Mango AC” atau “More Sugar” Kalau untuk paragraph pakai font “nunito, alice atau canva sans” pilihan fontnya lebih sering pakai itu, karena mudah dibaca dan emang tidak suka huruf yang aneh-aneh. Hihihihi

Buat mempercantik infografis, tentunya Kaknzul butuh ilustrasi dan icon, disini Kaknzul pilih di fitur “elemen” lalu ketik aja keyword yang dibutuhkan. Karena Kaknzul lebih sering nulis tentang parenting Kaknzul sering menggunakan keyword “child atau children, parent atau parents.”

Atau terkadang Kaknzul pakai dokumentasi pribadi.  Bisa klik di fitur “galeri” terus pilih aja foto yang akan digunakan.

Kalau untuk mempercantik tampilan, Kaknzul juga suka pakai keyword  “brush, pattern atau vintage.”

Nah, setelah desain selesai, bisa langsung di download ya. Ini nih yang Kaknzul suka, bisa download desain dengan piihan file yang beragam, PPT, PDF, PNG, JPG atau yang lainnya. Jadi tidak perlu covert file lagi.

 

Kelebihan dan Kekurangan Canva Gratis.

aplikasi canva

Sobat berdaya, Canva terdiri dari dua jenis layanan, yakni gratis dan berbayar. Nah, kalau sobat berdaya disini pakai yang mana? Kalau Kaknzul sih pakai yang gratisan ya, Haahhaha jiwa emak-emak yang lebih terpikat dengan gratisan ya

Sebenarnya nggk juga sih, eh tapi salah satunya juga ia. Tapi, buat Kaknzul sih kalau hanya untuk infografis dan PPT pakai Canva gratis itu masih ok loh. Karena Kaknzul biasanya akan mitch and macth dari template yang udah ada atau pure desain dari awal. Jadi, masih amanlah pakai yang gratis ya.

Nah, kalau sobat berdaya pakai yang mana nih?

Sebagai pengguna setia Canva gratis, Kaknzul mau kasih review nih untuk layanan Canva gratis. Kalau yang Pro belum bisa kasih review karena emang belum pakai kwkwkwk

Kelebihannya.

Meskipun gratis, tapi tetap tersedia fitur yang beragam dengan jumlah yang fantastis. Mulai dari template, ilustrasi dan icon, font, frame dan kemudahan dalam membuat desain lainnya yang masih bisa diakses secara gratis. Kalau buat Kaknzul yang infografisnya sederhana, cukup kok pakai Canva gratis. Apalagi, kalau kita bisa padukan template yang gratis dengan desain kita sendiri.

Kekurangannya

Canva mah kadang suka buat ngiri Kaknzul. Gimana nggak ngiri coba, saat di search template, ilustrasi, icon atau frame yang dibutuhkan, lebih banyk yang berbayar, udah gitu lebih cakep-cakep yang berbayar. Kan, jadi buat pengen pindah ke planet Canva pro ya hahahh

Satu lagi nih, yang menjadi kendala Kaknzul baru-baru ini, ternyata kita yang pakai Canva gratis itu tidak bisa ganti ukuran template sesuai yang diinginkan ternyata. Jadilah waktu itu Kaknzul minta editin teman yang pakai Canva pro. Alhamdulillha, teman bersedia dan jadilah header blog Kaknzul.

Eh ada lagi nih, beberapa hari yang lalu, Kaknzul harus edit sebuah naskah buku, dimana desain grafisnya belum dimasukin. Jadilah, Kaknzul cuma dikasih link Canvanya dan diminta download sendiri. Eh, pas di download ternyata nggak bisa, karena ada icon berbayar di desain itu. Canva gratis tidak bisa download desain yang ada ilustrasi atau icon berbayarnya.

Meskipun Canva gratis ada kekurangannya, tapi tidak menghalangi jalan sobat berdaya untuk meluaskan peran. Atau kalau dirasa sudah saatnya pindah ke Canva pro boleh juga loh.

Sekian cerita Kaknzul tentang Canva, jalan sobat berdaya. Kaknzul udah rasain, sekarang giliran sobat berdaya yang cobain manfaat dari canva ya.

 



8 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Canva Pro memang menggiurkan . Kadang aku buat transparan biar watermark canva gak gitu terlihat jelas,demi elemen yang cakep. Maksa amat ya 😂

    ReplyDelete
  2. Good job .. semoga sobat berdaya makin berdaya ya...
    Besok2 kalo ada penugasan dibaca ulang breifnya ya...apa aja.

    ReplyDelete
  3. Semangat mengulik canva ya mbak, pengalaman mendesain jadi lebih sat set nggak sih pakai canva :D

    ReplyDelete
  4. Mantab, berdaya di sini kalau buat emak-emak termasuk multitasking ya mb. Salah satunya makin mendalami belajar Canva saat belajar blog hhe

    ReplyDelete
  5. Ternyata sudah lama mengenal canva ya mbak. Desainnya bagus-bagus dan sesuai informasi yg dibutuhkan.

    ReplyDelete
  6. Wah, banyak banget fitur yang baru saya tahu. Mana yang mau ngajari nih hehehe

    ReplyDelete
  7. akupun fitur canva itu banyak banget, tau letaknya tapi kl disuru mention bingung :D

    ReplyDelete
  8. Canva sangat memudahkan, fitur gratisnya saja suduah lumayan banget, saya sendiri menggunakan canva kalau ada edit gambar. Pokoknya lengkap deh fitur yang diberikan canva.

    ReplyDelete