kaknzul.com

Pasang TLD Sendiri, Bikin Geregetan!


domain

Hai Sobat Berdaya! Gimana kabarnya semoga sehat ya.

Nah, kali ini Kaknzul mau berbagi cerita tentang menaklukkan tantangan  dari coach Marita, yaitu beli dan pasang TLD (Top Level Domain) sendiri. Huaaah menantang banget ini kalau buat Kaknzul yang cupu banget. Dan benar deg-degan sekaligus geregetan seperti yang dibilang coach Marita hahaha. Pengennya Kaknzul pasang manual aja gitu kayak masang tutup botol kwkwkkw Tapi sobat, ini challange yang nggak boleh grasak-grusuk, tapi kudu sabar, meski geregetan. Sabar karena ini adalah bagian dari perjalanan impian dari setiap blogger.

Apa Itu Domain?

apa itu domain

Domain adalah nama unik yang berfungsi untuk mengarahkan pengguna browser ke website tertentu. Nama domain umumnya diakhiri dengan ekstensi, seperti .com, .id, dan sejenisnya.

Sistem nama domain terdiri dari dua elemen utama, yaitu nama domain dan ekstensi domain. Nama domain adalah alamat yang mewakili website. Sementara,  ekstensi domain adalah bagian akhir dari domain. Umumnya, yang paling dikenal adalah .COM atau .ID

Sempat galau sih mau pilih ekstensi domain yang mana. Tapi setelah dipikirkan kembali, bismillah mantap pilih  .com

Nah, ada manfaat dari kegunaan domain loh, yaitu untuk mempermudah pengunjung mengakses website kita di web browser, cukup dengan mengetikkan alamatnya tanpa harus menghafal IP address website.

 

Pilih Domain

Kaknzul suka banget sama kelas dari Blogspedia ini, karena emang benar-benar step by stepnya memudahkan. Khususnya buat cupuers kayak Kaknzul. Tentang nama domain, bahkan udah dibahas dan diminta untuk memikirkan sejak awal kelas. Tujuannya adalah memudahkan saat tiba ditahap membeli dan memasang TLD sendiri.

Nah, langsung aja ya. Kaknzul mau bagi tips dari coach Marita untuk memilih domain.

  1.  Jangan terlalu panjang. Karena salah satu parameter SEO On Page, panjang maksimal Url artikel adalah 75 karakter dimulai dari H “https”
  2.  Jangan mengandung angka dan strip. Karena “katanya” domain yang memiliki angka dan strip mudah naik spam score-nya.
  3.  Pilihlah yang unik dan mudah diingat, sebaiknya hindari kata-kata alay. Domain blog adalah alamat yang akan diketikkan visitor berulang-ulang. Semakin unik domain kita, semakin mudah para visitor mengingatnya.
  4.   Domain is your branding. Kalau kata coach Marita nih. Pilih nama domain, kayak pilih nama anak sendiri. Penuh kehati-hatian dan dipikirkan matang-matang. Soalnya buat masa depan hihihii

Cara Membeli Domain

Setelah dipikirkan secara matang nama domainnya, sekarang yuk kita beli nama domainnya.

Nah, ada beberapa warung *eh tempat untuk membeli domain blogger ya sobat. Diantaranya, dewaweb,  rumahweb dan niagahoster.

Nah, kalau Kaknzul beli domainnya di Niagahoster. Kenapa? Ngikutin coach Marita aja deh, supaya mudah memahami tutorial video yang diberikan. Hahahah jujur banget ya.

Caranya:


pasang TLD sendiri

 1. Langsung aja ketikkan niagahoster di kolom pencarian sobat.

 2. Pilih tab Domain dan klik “cari dan cek domain”

Kita akan cari dan cek dulu. Apakah domain impian kita masih tersedia atau tidak. Karena menurut Coach Marita, satu domain itu hanya dimiliki oleh satu pemilik. Jadi, kalau sudah tidak tersedia berarti sudah ada yang pakai dan kita harus cari nama domain yang lain.

Ketikkan nama domain impian sobat, lalu pilih “cek sekarang.” Ada banyak pilihan ekstensi domain dengan nama domain impian kita loh. Nah, disini nih yang sempat buat galau mau pilih ekstensi apa. Dan kalau buat Kaknzul mempertimbangkan budget juga penting ya. Apalagi buat cupuers dan ibu rumah tangga yang mengandalkan uang jajan dari sisa jatah belanja bulanan. Hahhaha curhat

Kalau udah mantap mau pilih yang mana, langsung pilih aja dan ikutin petunjuk selanjutnya untuk melakukan pesanan dan pembayaran.Sampai akhirnya nanti sobat akan mendapatkan email setelah selesai melakukan pembayaran. Kalau udah dapat email, selamat pembelian domain sudah berhasil.

Udah selesai sampai disitu aja kah? Belum dong, masih panjang perjalanannya. Belum melewati bagian ter-deg-degan dan geregetnya hahaha. Karena ternyata memasang TLD lebih buat deg-degan, gereget dan pengen nangis haahaa

Cara Pasang TLD Sendiri

Alhamdulillah video tutorial dari coach Marita membantu sekali. Meskipun, Kaknzul harus putar berulang kali dan tetap tertatih.

  • Langkah pertama, login dulu di member area niagahoster. Kalau belum punya akun seperti Kaknzul, daftar dulu ya.
  • Setelah berhasil daftar, kita akan masuk di member area niagahoster untuk memasang domain yang telah kita beli ke akun blogspot.
  • Cari nama domain yang telah dibeli. Lalu pilih “kelola.” Oh ia, perlu diingat, bahwa domain yang  sudah bisa dikelola adalah domain yg sudah berstatus “aktif.” 

kelola domain

 

  • Pilih DNS/Name server dikiri dashboard, lalu klik dan cari di kolom kelola DNS record.

memasang domain

Nah, sobat berdaya, bagian ini yang paling menguji kesabaran, gereget dan pengen nangis. Berulang kali nyoba, sambil menyimak video coach Marita gagal terus. Ternyata, bisa jadi kegagalan itu karena butuh di refresh terlebih dahulu. Karena Kaknzul mengalami itu juga loh. Setelah direfresh, Alhamdulillah bisa.

Nah, ada beberapa hal yang perlu untuk dimasukkan kedalam DNS record nih sobat

  • Oh ia, buka juga blogspot sobat ya. Lalu, pilih menu “setelan” atau pengaturan. Kemudian, cari “domain custom” dan tuliskan nama domain yang sudah dibeli tadi. Lalu “save.”
    domain

 Loh kok muncul tulisan berwarna merah? Sama! Kaknzul juga tadi kaget dan bingung. Ternyata ini adalah pesan error yang memuat kode DNS yang harus kita record.

Nah, kalau Kaknzul pakai niagahoster, langsung masukin CNAME yang kedua, ya. Dikolom “type” pilih CNAME. Lalu, dikolom “name” copy paste aja nama dan destination yang di pesan error, seperti gambar. Lalu, pilih “tambah record.” Setelah berhasil, masih ada lagi nih data yang harus dimasukkan ke DNS record yaitu 4 A record dengan IP address berikut:

IP address google yang bisa dipakai:

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

pasang domain

Cara memasukannya. Pilih A di kolom “type.” Name @ dan masukan satu persatu kode IP diatas, lalu pilih “tambah record” sampai semua IP ter-record. Nah, buat cek udah ter-record atau belum, bisa cek dibagian bawah kelola record DNS ya. Disana akan terlihat DNS record apa saja yang sudah sobat masukan.

  • Setelah selesai semua, kita balik lagi ke blogspot. Setelah simpan semua perubahan. Sobat jangan lupa untuk mengaktifkan pengalihan domain ya. Hal ini bertujuan, jika visitor masuk ke blog kita pakai atau tidak “www”  mereka tetap bisa sampai ke blog kita.
  • Dan terakhir, geser atau pilih juga Https yang berada dibawah pengalihan domain ya. Hal ini bertujuan sebagai pengaman bagi blog sobat.

Apakah setelah itu akun blog kita langsung bisa diakses? Ternyata tidak sobat, nah bagian ini lagi-lagi buat deg-degan ya. Jadi harus menunggu proses 30 menit sampai 1 x 24 jam untuk proses propagasi.

Nah, setelah menunggu dan Kaknzul coba buat ketika nama domain blog. Alhamdulilah muncul,  itu artinya proses pemasangan domain berhasil.

Leganya ya. Alhamdulillah domain telah terpasang ke akun blogspot.

Harapan Kedepan

Dengan perjuangan yang luar biasa dan menegangkan tentu menjadi catatan dalam sejarah hidup haha. Jadi pengingat dan penyemangat untuk nulis sebagai upaya merawat blog yang sudah TLD. Karena untuk menjadi professional, tidak cukup dengan membeli TLD saja. Tapi perlu langkah optimasi dan diantaranya adalah konsisten menulis.

Sekian, perjalanan menegangkan hari ini. Semoga tulisan tentang pasang TLD sendiri ini bermanfaat ya. Oh ia, kalau sobat berdaya, butuh step by step dan penjelasan lengkap membeli dan memasang TLD, bisa baca di blogspedia loh.

Sampai jumpa dicerita blogging seru lainnya ya.

 

1 comment

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.