kaknzul.com

Ternyata Sabar Itu: Buku Seri Nasihat Luqman

buku anak tentang akhlak

Sobat Berdaya, beberapa waktu yang lalu Kaknzul sempat bingung menghadapi anak-anak di rumah. Kenapa jadi mudah menyerah, ya? Semakin terasa kalau ternyata sabar itu,,, tidak mudah kwkwkw. Cara apa yang harus dilakukan, ya?
Karena anak-anak suka membaca buku, Kaknzul pun cari buku cerita anak tentang makna sabar. Tapi, Kaknzul pengennya tokoh dalam buku itu adalah hewan. Karena anak-anak suka sekali dengan buku yang bertokoh hewan.

Hasil penelusuran akhirnya menjadi jalan pertemuan dengan buku "Ternyata sabar itu,,," Buku seri nasihat luqman.

Ternyata sabar itu: Buku seri nasihat luqman 

Kaknzul kasih tahu detail tentang bukunya, ya sobat. Barangkali ada yang butuh buku cerita anak dengan tema sabar seperti Kaknzul beberapa waktu yang lalu.

Judul buku : Ternyata Sabar Itu,,,

Penerbit: Grow the Seed

Penulis : Maharhanie Septi & Y.S. Gunawan

Ilustrator: Bella Ansori

Penyunting: Y.S Gunawan

Tata letak: Riena Diyanti S

Tahun Terbit:

Cetakan pertama 2021

Cetakan kedua 2023

Halaman: 25


Cover





Pertama kali bacakan buku ini, ada hal yang menarik yang menjadi diskusi Kaknzul dengan anak-anak. Tentang dua ekor hewan yang terlihat di cover.

Si bungsu bilang itu kelinci. Sedangkan si sulung, menyebutnya sebagai tikus. Baru di cover udah lama diskusinya ya. heheheh

Kalau Kaknzul tanya kembali, apakah tikus dan kelinci tinggalnya di sungai seperti di gambar?

Diam sejenak dan si sulung menjawab, “kelinci tinggalnya di kandang yang ada rumput-rumputnya. Berarti bukan kelinci!”

"Terus, hewan apa ini ya?" tanya Kaknzul. Karena sudah pada penasaran dan nggak bisa jawab lagi, langsung deh kita buka halaman pertama buat tahu hewan apa sih itu?

Seru ya, baru covernya aja sudah mampu membuat penasaran dan menarik perhatian anak-anak.

Sinopsis


Para biwara perlu segera membangun bendungan dan sarang, agar saat musim dingin nanti mereka tidak kedinginanan dan kekurangan makanan. Kiko tak mau ketinggalan. Berulangkali ia membujuk ayah agar boleh turun tangan. Namun, siapa sangka, membangun bendungan dan sarang ternyata tidak semudah yang ia bayangkan.

Kiko kerap merasa lelah dan bosan, sampai akhirnya ia menggunakan cara sendiri. Hanya saja, hasilnya gagal dan berantakan. Lantas, bagaimana Kiko mengatasi keadaan?

Lewat cerita kehidupan Kiko si hewan biwara inilah, anak-anak akan menemukan makna sabar itu seperti apa. Sekaligus, anak-anak akan dibawa mengenali kehidupan hewan bernama biwara yang mungkin belum pernah ditemui anak.

Alasan Buku Ini Perlu Dibacakan untuk Anak

Karena Kaknzul sudah bacakan buku ini ke anak-anak, berikut alasan versi Kaknzul ya, sobat.

  • Menumbuhkan dan menanamkan keterampilan sabar

Lewat cerita kehidupan Kiko si hewan Biwara, anak-anak dapat menemukan makna bersabar. Mengetahui, bahwa tak selamanya kondisi yang dialami akan mudah atau sesuai keinginannya. Anak menjadi tahu, bahwa dalam hidup ini ada beberapa kondisi yang tak mudah baginya. Dan bersabar adalah cara yang harus dilakukan.

Selain itu, anak juga dapat melihat bagaimana kepuasaan yang diperoleh setelah bersabar dalam berusaha.

  • Mengenal kehidupan Biwara

Biwara sebagai hewan pengerat, terlihat dari cerita Kiko saat berusaha merobohkan sebuah pohon. Selain itu, dari buku ini pula, anak akan tahu bahwa biwara adalah hewan yang mahir dalam membangun bendungan sebagai tempat tinggalnya.

  • Menguatkan Bonding anak dan orang tua

Salah satu manfaat yang diperoleh ketika membacakan buku pada anak adalah terbangunnya bonding antara anak dan orang tua. Interaksi membacakan buku, berdiskusi, bercerita akan membangun kedekatan diantara orang tua dan anak.

  • Menstimulasi Kognitif Anak

Dari buku ini, anak mengenal hewan biwara. Melihat proses pembangunan bendungan yang dilakukan oleh Biwara.

  • Tadabur Quran

Buat Kaknzul dan anak-anak, membaca buku "Ternyata sabar itu,,," menjadi bagian dari aktivitas tadabur quran yang biasa kami lakukan. Karena cerita di buku ini merupakan implementasi Al Quran surah Luqman ayat 31 yang menjadi diantara nasihat Luqman. Dan ini pula, yang membuat buku ini disebut seri akhlak mulia dalam surat Luqman.

“Tidakkah engkau memperhatikan, bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, agar diperlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda (kebesaran-Nya). Sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran-Nya) bagi setiap orang yang sangat bersabar dan banyak bersyukur.” (QS. Luqman:31)

Pengalaman bersama buku Ternyata sabar itu,,,

Buku ini mampu membuat anak-anak penasaran, tentang hewan apa yang ada di covernya. Tak hanya itu, ilustrasi yang bagus juga membuat anak-anak bisa melihat fisik biwara seperti wujud aslinya.

Meskipun buku cerita anak, tapi Kaknzul suka banget karena pesan dari makna sabar yang ingin disampaikan si penulis dikemas lewat aktivitas dan karakter hewan yang sesuai dengan kehidupannya di alam. 
 
buku anak tentang akhlak mulia


“Loh kok pohonnya masih ada, Mi? Bukannya bendungannya sudah jadi? Harusnya pohon tumbangnya udah nggak ada ya? Kan udah dipakai buat bendungan,” celetuk si sulung saat membaca halaman 24.

Disini Kaknzul terdiam, karena nggak menduga si sulung analisisnya sampai kesana. Karena selama proses membacakan buku, Kaknzul fokus dengan teks, sedangkan anak-anak ternyata fokus pada gambar.

Overall, Kaknzul suka sama buku ini. Karena pesan yang ingin disampaikan penulis dikemas dengan menarik lewat kehidupan hewan Biwara. Salah satu hewan yang belum pernah ditemui oleh anak-anak Kaknzul, sehingga menambah pengetahuan anak-anak tentang hewan biwara dan kehidupannya.

Buat sobat berdaya yang sedang mencari buku anak tentang makna sabar dan disampaikan oleh tokoh hewan, buku Ternyata sabar itu,,, Buku seri nasihat luqman dari Grow the Seed ini bisa menjadi salah satu rekomendasi buat sobat. Selamat membaca buku bersama anak.


4 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Lewat buku cerita bisa menyampaikan ke anak bagaimana sikap sabar itu. Dengan ilustrasi yg menarik, anak merasa betah dan tertarik mendengarkan cerita yg disampaikan. Selain itu jg menambah pengetahuan tentang hewan biwara.

    ReplyDelete
  2. Hewan Biwara seperti apa ya? Belum pernah melihatnya sama sekali, akhirnya langsung googling.wkwk

    ReplyDelete
  3. Wah, kakak sulung kritis juga ya... seneng kalau membacakan buku terus ada interaksi begini..

    ReplyDelete
  4. Selain judul yang bikin penasaran,luqman itu siapa ya?

    ReplyDelete