kaknzul.com

5 Manfaat Outing Class Bagi Anak TK

outing class

Mengikuti aktivitas si Sulung yang saat ini tengah menikmati masa-masa di PAUD, membuat Kaknzul ikut berbinar. Pasalnya, aktivitas yang disajikan begitu beragam dan menggunakan model pembelajaran nyata yang sesuai dengan tahap perkembangan berpikir anak usia dini.

Semakin berbinar karena setiap pulang dari sekolah maupun kegiatannya di luar sekolah selalu dibawain oleh-oleh. Cerita keseruannya selama mengikuti kegiatan dan wajahnya yang berbinar, itulah oleh-oleh yang selalu dinanti dari si Sulung.

Tulisan kali ini terinspirasi dari binar mata si Sulung ketika mengikuti outing class dari sekolah. Kira-kira apa saja ya manfaat dari outing class bagi anak TK?

Outing class

Outing class atau kegiatan belajar yang dilakukan di luar kelas menjadi salah satu kegiatan menarik bagi anak TK. Sebab, anak-anak dapat belajar langsung dari lingkungan yang menyajikan begitu banyak wawasan bagi anak TK. Tak hanya itu, outing class ini menjadi salah satu model pembelajaran nyata, karena anak dapat belajar langsung dari lingkungan dan pengalaman yang dirasakan anak selama outing berlangsung.

Manfaat outing class bagi anak TK

Hari ini, hampir setiap PAUD memilih outing class sebagai salah satu kegiatan bagi peserta didik mereka. Lantas apa saja manfaat outing class bagi anak TK?

Pembelajaran aktif dan menyenangkan

apa tujuan outing class bagi anak tk
Source: Dokumentasi Pribadi

Outing class menjadi bentuk pembelajaran aktif, sebab dengan belajar di luar kelas/sekolah, anak dapat merasakan sentuhan langsung dari lingkungan yang dikunjungi. Anak dapat mengamati dengan indera yang mereka miliki untuk mendapatkan pengetahuan. Dengan indera penglihatan, anak dapat mengamati hewan apa saja yang ada di kebun binatang dan aktivitas apa yang dilakukan hewan-hewan tersebut. Dengan indera pendengaran, anak dapat mengetahui bagaimana suara hewan-hewan tersebut. Dengan indera penciuman, anak dapat mengetahui bagaimana aroma coklat saat mengunjungi pabrik pengolahan coklat dan dengan indera peraba, anak dapat merasakan tekstur dari tanah liat saat mengunjungi tempat pembuatan gerabah.

Tak hanya itu, anak juga mendapatkan pengalaman menyenangkan, karena bisa jadi kunjungan yang dilakukan menjadi hal yang pertama baginya dan dilakukan bersama teman-teman.

Pelajaran multidimensi


Jika selama belajar dikelas anak hanya mengamati berbagai objek dua dimensi. Saat outing class, anak dapat mengamati secara langsung objek secara nyata. Hal ini membantu anak-anak dalam mengkonfirmasi setiap pengetahuan yang mereka dapatkan selama ini di dalam kelas. Misal, jika selama ini anak hanya mengetahui badak bercula lewat gambar di buku, saat berkujung ke kebun binatang anak akan mengkonfirmasi bagaimana bentuk dan ukuran tubuh badak serta di mana letak culanya.

Memperkaya pengalaman hidup

outing class adalah
Source: Dokumentasi Pribadi

Outing class memberikan pengalaman hidup bagi anak-anak. Merasakan kunjungan ke kebun binatang bersama teman-teman dengan menggunakan bus. Selain itu, anak dapat menemukan hal-hal baru selama perjalanan maupun saat berada di tempat yang dikunjungi dan menjadi pengalaman bagi anak yang tak kan.

Memperkaya wawasan anak


Menunjungi tempat baru dengan teman perjalanan yang baru pula, tentunya memberikan wawasan bagi anak. Ada banyak wawasan yang didapatkan anak selama perjalanan maupun saat berada di lokasi.

Menstimulasi sosial emosional anak


Kegiatan outing class bagi anak TK hanya didampingi oleh para guru. Hal ini melatih rasa percaya diri dan kemandirian anak untuk beraktivitas serta melakukan perjalanan tanpa bantuan kedua orang tua.

Rekomendasi tempat wisata untuk outing class anak TK di Bali

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang cocok buat outing class anak TK.

Bali Safari & Marine Park

Bali Safari & Marine Park atau yang lebih dikenal sebagai Taman Safari ini berada di jalan Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8 Gianyar, Bali. Taman Safari mengedukasi anak-anak lewat lebih dari seribu fauna yang menjadi penghuninya. Selain mengenal beragam jenis fauna, anak-anak TK juga dapat mengenal hewan liar dan fauna-fauna yang kini mulai langka.

Selain itu, Taman Safari juga memiliki sejumlah wahana favorit di Bali Safari & Marine Park antara lain, Jungle Hopper, Elephant Back Safari, The Night Safari Package, Breakfast with the Lions, 4x4 Safari Package, The Bali Agung Show, dan lainnya.

Bali Zoo

Ini dia wisata yang menjadi tujuan si Sulung beberapa waktu lalu bersama teman-temannya dengan menggunakan bus.

Bali Zoo berada di Jalan Raya Singapadu, Singapadu, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Selain memiliki fauna yang beragam, Bali Zoo juga menyediakan beragam tempat hiburan yang pas buat mengedukasi anak-anak tentang fauna. Beberapa tempat hiburannya adalah Zoo Explorer, Breakfast with Orangutan, Elephant Mud Fun, dan sebagainya.

Kebun Raya Bali

Salah satu tempat wisata yang menjadi pilihan sekolah untuk kegiatan outing class adalah Kebun Raya Bali. Lokasinya berada di kawasan wisata Bedugul tepatnya di Jalan Kebun Raya, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Kebun Raya Bali disebut juga sebagai Kebun Raya Bedugul. Disini anak-anak dapat belajar tentang berbagai flora. Selain itu, hamparan rumput yang hijau nan luas membuat anak-anak bebas bermain dan beraktivitas.

Kebun Raya Bedugul ini berdiri di lahan seluas 157,5 hektare (ha), Kebun Raya Bali merupakan kebun raya terluas yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Berdasarkan informasi dari situs Kebun Raya Bali LIPI, luasan tersebut melebihi Kebun Raya Cibodas (84,99 ha), Kebun Raya Bogor (87 ha), dan Kebun Raya Purwodadi (85 ha). Kebayangkan luasnya, anak-anak bisa bebas bergerak.

Tak hanya itu, di Kebun Raya ini juga menyediakan penyewaan sepeda bagi para pengunjung yang ingin melihat beragam florasambil bersepeda.


Bali Bird Park

Berbeda dengan Taman Safari dan Bali Zoo, Bali Bird Park merupakan tempat konservasi dan pengembangbiakan beragam spesies burung. Anak-anak TK yang berkunjung kesini akan mengenal beragam burung. Lokasinya berada di jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar

Taman Nusa

 

latar belakang outing class anak tk
Source: www.goodnewsfromindonesia.id

Jika tema kegiatan anak-anak adalah Indonesiaku atau Tanah airku, maka Taman Nusa menjadi pilihan yang pas bagi kegiatan outing class. Pasalnya, anak-anak akan mengenal beragam suku dari berbagai daerah di Indonesia. Dikawasan 10 hektar, anak-anak akan mengenal beragam rumah adat adan kebudayaan yang ada di Indonesia. Seru, berasa mengelilingi Indonesia.

Disini anak-anak juga akan disuguhkan dengan beragam tarian dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia. Lokasi Taman Nusa brada di Banjar Blahpane Kelod, Jalan Taman Bali-Banjarangkan, Sidan, Kec. GianyaR, Kabupaten Gianyar, Bali.

Nah, gimana sobat berdaya sudah terbayangkan tentang manfaat outing class bagi anak TK? Plus, Kaknzul tambahi beberapa rekomendasi tempat wisata yang pas banget untuk kegiatan outing anak TK di Bali, ya. Semoga bermanfaat. Sampai bertemu di tulisan berikutnya!


































2 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Masya Allah..banyak sekali manfaat puting class ini ya bagi anak-anak.

    ReplyDelete
  2. Yakin banget sih ini karena anak mudah merasa bosan, jadi sesekali outing class selain menambah pengetahuan juga jadi healing buat anak :D

    ReplyDelete