kaknzul.com

Bermanfaatkah Market Day Bagi Anak TK?

tema market day
Source: Dokumentasi Pribadi  



“Sekolah sekarang kok makin aneh-aneh ya. Masak anak TK disuruh jualan. Apa ngerti? Zamanku sekolah dulu, sekolah ya sekolah. Belajar baca, tulis, pulang! Nggak ada jualan-jualan di sekolah!”

Kalimat itu begitu jelas terdengar dari seorang ibu yang juga tengah menemani anaknya bermain di dekat rumah.

Sobat berdaya disini, pasti sudah tahu dan mungkin ada yang pernah membantu buah hatinya untuk mengikuti program market day di sekolah. Tidak hanya TK, SD bahkan sampai jenjang SMA. Biasanya program market day ini dilaksanakan setelah Ujian Tengah Semester atau Ujian Akhir Semester. Kalau Kaknzul dulu waktu SMA, program market day ini dilaksanakan saat Ramdan, jadi jualan takjil selama Ramadan.

Bagaimana ya dengan market day anak Tk? Bermanfaatkah market day bagi anak TK? Yuk, kita kupas bersama.

Market day anak TK

menu market day
Source: Dokumentasi Pribadi


Beberapa waktu yang lalu, si Sulung mengikuti program market day di sekolah Alam Jamur, Denpasar. Kaknzul mendampingi dari awal proses program market day hingga akhirnya ia mencoba bagaimana rasanya berjualan bersama teman-temannya saat market day.

Kegiatan market day menjadi model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa untuk merekonstruksi pengetahun. Mulai dari menentukan produk, menyiapkan berbagai kebutuhan bahan, memproduksi, menyiapkan keperluan promosi dan berjualan.

Bagi anak TK, market day ini juga menjadi model pembelajaran nyata yang disesuaikan perkembangan anak usia dini. Karena anak-anak usia dini akan lebih mudah memahami jika model pembelajarannya secara konkrit. Selain itu, bagi anak TK market day menjadi sarana stimulasi dari berbagai aspek perkembangan mereka.

Menu market day anak TK


Beberapa produk yang menjadi pilihan di maret day anak TK, seperti alat tulis, makanan dan minuman, dan aksesoris seperti gelang dan gantungan kunci.

Di sekolah si Sulung, ada ketentuan bagi produk yang boleh diperjual belikan saat market day.

  • Makanan dan minuman tidak mengandung pengawet dan pewarna berbahaya
  • Tidak terdapat gambar yang mengandung SARA
  • Dan batas maksimal harga yang diperjual belikan

Bermanfaatkah market day bagi anak TK?


Jika dilihat sekilas, market day hanya kegiatan jual beli biasa. Namun, bagi anak TK, market day menjadi sarana stimulasi perkembangan di usianya. Sehingga, ada banyak manfaat yang didapatkan anak dari program market day.

Melatih jiwa wirausaha

Sejak dini, anak terstimulasi untuk mandiri dan berpikir tentang sebuah aktivitas yang dilakukan sehingga menghasilkan uang.

“Oh, kalau aku jualan pensil aku dapat uang.”

Tentunya, hal ini akan bermanfaat bagi anak-anak dan menunjang perkembangan berpikir sejak dini.

Menstimulasi perkembangan berpikir anak

 

menu market day
Source: Dokumentasi Pribadi

Sebelum market day dilaksanakan, tentunya orang tua dan anak akan berdiskusi menentukan produk apa yang akan dijual. Jika orang tua melibatkan anak dalam menentukan produk, maka perkembangan berpikir anak akan terstimulasi. Ia akan berpikir mencari dan menyebutkan produk yang bisa ia jual. Dalam hal ini, orang tua juga bisa menambahkan beberapa pertanyaan sebagai bentuk pertimbangan agar anak semakin terstimulasi perkembangan berpikirnya.

Misal, saat anak menyebutkan sebuah produk, orang tua bisa memberikan pertimbangan. Kira-kira teman-teman di sekolah suka dan mau beli tidak, ya? Anak kesulitan tidak, jika menjual produk tersebut di sekolah tanpa bantuan orang tua? Jika menyulitkan, anak boleh memilih produk lainnya.

Selain itu, jika orang tua melibatkan anak dalam membuat produk dari awal hingga akhir, hal ini juga menstimulasi perkembangan berpikir anak. Ia akan tahu proses dari manik-manik menjadi sebuah gelang yang bagus, wafer biasa menjadi wafer stick yang menarik dan lezat, atau proses pembuatan pudding dan produk lainnya.

Menambah wawasan anak

Anak yang dilibatkan dalam proses pembuatan produk, ia akan tahu dalam membuat sebuah stick wafer atau gelang, bahan apa saja yang ia butuhkan. Kemudian, di mana ia bisa mendapatkan bahan-bahan tersebut. Hal ini menjadi pengetahuan bagi anak, tentang tempat-tempat baru yang bisa ia kunjungi untuk mendapatkan bahan yang digunakan dalam pembuatan produk tersebut. Misal, toko alat jahit atau toko bahan kue.

Mengenalkan nilai mata uang

Saat market day berlangsung, anak-anak dibagi menjadi dua kelompok. Ada kelompok yang membeli dan ada pula kelompok yang menjual. Transaksi menggunakan uang sungguhan yang nilainya dibatasi, misal seribu dan dua ribu rupiah. Saat anak membeli sebuah produk dengan selembar uang dua ribu, ia akan tahu bahwa dengan uang tersebut, ia akan mendapatkan dua produk yang harganya seribu. Begitu juga bagi kelompok yang berjualan, ia akan tahu bahwa dengan selembar uang dua ribu milik temannya yang akan membeli, ia harus memberikan dua produk miliknya yang harga seribu.

Melatih kemandirian dan rasa percaya diri

Selama market day di sekolah anak tidak boleh didampingi oleh orangtua, tetapi ada guru yang mendampingi mereka. Hal ini, menstimulasi kemandirian dan rasa percaya diri anak untuk melakukan hal baru baginya tanpa kehadiran orang tua.

Selain itu, kegiatan market day ini melibatkan interaksi antar kelas. Di mana anak-anak bisa saling berinteraksi dengan teman-temannya dari berbagai kelas. Hal ini menstimulasi rasa percaya diri anak untuk berinteraksi dengan teman dari berbeda kelas.

Ada hal lain yang menarik dari market day ini, saat anak dilibatkan serta diizinkan menyampaikan ide produk yang akan dijual,mau pun ide media promosi yang akan digunakan, anak akan terstimulasi rasa percaya dirinya dalam mengungkapkan pendapat.

Menghargai produk milik teman

Perkembangan sosial emosional lainnya yang terstimulasi dari program market day adalah belajar menghargai produk temannya. Saat market day berlangsung, anak-anak akan melihat ada banyak produk dari teman-temannya. Ia tak hanya menjaga dan menjualkan produk miliknya tetapi juga milik teman-temannya yang berada di satu stand.

Menstimulasi kreativitas

market day anak tk
Source: Dokumentasi Pribadi


Jika orang tua melibatkan anaknya dalam mempersiapkan media promosi yang akan digunkan saat market day, maka anak akan terstimulasi kreativitas dan imajinasinya. Anak diajak untuk membuat hiasan atau tempat yang menarik untuk menampilkan produk yang akan ia jual saat market day.


Catatan:

Kaknzul disini ingin memberikan catatan sobat, bahwa semua manfaat di atas dapat diperoleh anak jika orang tua dan guru hanya sebagai fasilitator. Orang yang memfasilitasi anak untuk berkembang dan merasakan dengan sendirinya susana market day di sekolah. Tanpa proses melibatkan anak mulai dari mencari ide, menentukan dan membuat produk, sampai menjual produk di market day, anak tidak akan mendapatkan manfaat di atas.

Nah, jadi jika ditanya bermanfaatkah market day bagi anak TK? Jawabannya, tergantung peran para fasilitator yang berada di sekitar anak, dalam hal ini guru dan orang tua.

3 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Menurut saya, market day bagi anak TK juga penting, agar menambah pengetahuan jual beli, salkng bersosialisasi, berkomuniasi, bekerjasama satu dengan lainnya.

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat kak. setidaknya praktek langsung ilmu matematikaa

    ReplyDelete
  3. Manfaatnya akan terasa banget kalau anak2 bisa kondusif ya, tapi kalau di arahkan dan di dampingi dengan baik pun bisa :D

    ReplyDelete