kaknzul.com

Berdayakan Diri Bersama Blogspedia Coaching


kelas nge-blog gratis

“Wah lagi senang nulis artikel ya?”

“Ikutan kelas personal branding di mana?”

Mungkin dalam beberapa waktu terakhir ini, terlihat Kaknzul sering update tulisan, ya. Jawabannya Kaknzul sedang mengikuti kelas Blogspedia Coaching, nih. Dan kelas blogging ini menjadi jawaban dari kegundahan selama ini setiap kali buka blog.

Memutuskan ikutan kelas ini alasan utamanya karena memang sedang membutuhkan coaching buat lebih mengenal dunia blogging. Sempat mencari sendiri tentang blog, tapi selalu kepentok saat sesi teknisnya. Maklum, emak-emak suka mumet kalau udah bagian teknis. Apalagi kalau udah ada kode-kode. Selain itu, banyak hal yang ingin Kaknzul pelajari setelah memutuskan untuk pindah media menulis.

Dan Alhamdulillah 3 bulan bersama Blogspedia Coaching memberikan perubahan yang luar biasa buat Kaknzul.com dan semangat untuk menulis.

Buat sobat berdaya yang penasaran dengan Blogspedia, yuk kenal lebih dekat!

Blogspedia

cara menjadi blogger pemula
Source: Dokumentasi Pribadi

Blogspedia ini dibuat oleh seorang Momblogger bernama Marita Ningtyas. Berawal dari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang dunia blogging-lah Mbak Marita membangun Blogspedia ini. Sebuah nama yang cakep dan membuat Kaknzul langsung membayangkan, bahwa disinilah aku bisa belajar banyak tentang dunia blogging.

Meskipun Mbak Marita mengaku sebagai Momblogger cupu, tapi ilmu dan pengalamannya di dunia blogging udah master loh. Banyak para cupuers yang akhirnya mampu bertumbuh setelah belajar di Blogspedia Coaching.

Keunikan Blogspedia itu, mengerti banget yang namanya emak-emak. Kaknzul sendiri terbantu banget dengan adanya Blogspedia Coaching, karena selama ini banyak hal teknis dalam blogging yang belum diketahui dan terkadang sulit untuk dipahami. Selain belum tahu, ada ketakutan tersendiri saat mau coba utak atik. Kepikirannya itu, kalau ternyata malah tambah ruwet mau tanya ke siapa? Alhamdulilah, Kaknzul didampingi di Blogspedia Coaching ini untuk belajar banyak hal tentang dunia blogging.

Blogspedia punya panggilan sayang kepada para pembelajar blogging. “Cupuers,” sebuah panggilan yang unik sekaligus menggambarkan bahwa Blogspedia Coaching ini pas banget menjadi tempat belajar bagi para pemula blogging.

Layanan jasa Blogspedia

belajar ngeblog
Source: https://www.blogspedia.my.id/

Selain memberikan kelas pendampingan bagi para cupuers tentang blogging, Blogspedia juga menyediakan beberapa layanan jasa yang sangat membantu dalam mengembangkan blog maupun bisnis online.

Jasa pembuatan toko online murah meriah

Sebuah jasa pembuatan toko online yang ramah kantong. Selain berplatform blogspot, layanan pembuatan toko online ini juga bisa menggunakan wordpress sebagai platformnya. Dan tentunya SEO friendly sehingga mudah ditemukan di mesin pencarian.

Mendapatkan template blogspot premium dengan catalog produk dan tombol order via whatsapp, pembelian domain dot com untuk setahun, jasa install template plus bisa request warna dan free 5 artikel SEO friendly menjadi fasilitas yang akan diperoleh dari layanan ini. Wah, paket komplit yang bisa didapatkan dengan harga ramah kantong.

Jasa install template untuk blog personal

Kalau tadi jasa untuk bisnis, kali ini khusus untuk blog personal. Blog pribadi, institusi maupun komunitas yang ingin memiliki blog dengan tampilan template yang memuaskan bisa menggunakan jas ini.

Bisa request warna, free header dan 5 artikel SEO friendly menjadi fasilitas yang akan diperoleh dari jasa ini.

Jasa penulisan artikel

Buat yang kewalahan dalam mengisi konten di blognya, jasa dari Blogspedia yang satu ini cocok banget. Karena Blogspedia bisa membantu dalam penulisan artikel secara professional, no plagiarisme dan tentunya SEO friendly. Selain menerima segala jenis keyword, jasa ini juga menerima penulisan artikel dengan bahasa Inggris.

Jasa penulisan artikel ini tersedia dalam dua paket. Pertama, paket free order dengan minimal order 10 artikel dan yang kedua paket hemat dengan 5 artikel per hari dengan ketentuan yang berlaku.

Blogspedia Coaching

Ini dia kelas yang Kaknzul ikutin selama tiga bulan bersama Blogspedia. Blogspedia Coaching ini sebuah kelas dan pendampingan buat para cupuers yang mau bertumbuh bersama dalam dunia blogging. Tentunya, ada banyak ilmu yang dibagikan di Blogspedia Coaching. Mulai dari adab menuntut ilmu, membuat blog impian, membeli dan memasang domain sendiri, membuat postingan yang SEO, blog plan, dan banyak lagi materi yang dibagikan. Materi dan tugas dibagikan di Google Classroom, sedangkan diskusi dilakukan di Whatsapp grup. Blogspedia Coaching ini diselenggarakan hanya setahun sekali. Di bulan apa? Waaah harus pantengin infonya di akun instagram @blogspedia

Perjalanan bersama Blogspedia Coaching

Awal mula tahu info Blogspedia Coaching#4, ketika Kaknzul diminta untuk menghubungi Coach Marita sebagai narasumber di komunitas tempat Kaknzul bermain. Follow instagram Coach Marita dan akhirnya ketemulah dengan Blogspedia yang pada saat itu sedang pembukaan Blogspedia Coaching#4.

Melihat persyaratan yang ada sempat ragu. 

"Mampu nggak ya mengikutinya?"

 Ditambah lagi pada saat itu laptop dalam kondisi sedang rusak. Akhirnya mengurungkan niat untuk ikutan bath#4
Tapi, bukannya lega malah makin kepikiran.
“Kalau nggak sekarang kapan lagi? Kalalu ditunda untuk belajar bloging, itu artinya aku juga menunda untuk menulis!”

Malamnya langsung izin sama suami, Alhamdulillah dapat izin dan support. Dan besoknya diantar suami untuk memperbaiki laptop yang rusak. Bismillah, daftar Blogspedia Coaching#4. Sempat dag dig dug, karena ada seleksi diawal yaitu berupa menuliskan alasan kenapa Blogspedia harus menerima Kaknzul sebagai cupuers yang belajar di Blogspedia Coaching#4 dan di post di feed instagram.

Dan ternyata, Alhamdulillah Allah izinkan menjadi bagian dari cupuers yang belajar di batch#4.

Alasan mengikuti Blogspedia Coaching

jasa blogspedia

Butuh kelas nge-blog

Sebelumnya Kaknzul memang sedang mencari kelas blogging yang mendampingi dari nol. Karena kesulitan Kaknzul selama ini adalah hal-hal teknis yang tidak dimengerti. Belajar nge-blog dengan melihat tutorial di youtube maupun artikel, ternyata tetap membuat Kaknzul sulit untuk memahami. Ditambah lagi bingung mau bertanya ke siapa.

Di Blogspedia Coaching ini, Kaknzul benar-benar didampingi dari nol sampai akhirnya bisa membuat postingan sendiri. Coach Marita dan para coach lainnya begitu sabar mendampingi cupuers. Berbagai kendala yang dihadapi para cupuers dibantu oleh Coach Marita dan para coach lainnya untuk mendapatkan solusinya.

Materi

Salah satu yang membuat Kaknzul nggak pengen menunda buat ikutan Blogspedia Coaching#4 ini adalah materinya yang benar-benar dibutuhkan sebagai cara menjadi blogger pemula. Dan setelah mengikuti materi demi materi, Masyaallah materinya memang sudah terstruktur dan memudahkan bagi para emak-emak blogger yang kadang suka mumet harus memulai dari mana untuk mempelajari blogging.

Gratis

Melihat materinya yang akan dibagikan saat pendaftaran ada 24 materi yang dilist. Tapi, yang Kaknzul rasakan, materinya lebih dari itu loh. Bahkan, kadang saat mengerjakan tugas dan tiba-tiba ada kendala dari seorang cupuers, maka akan didiskusikan di Whatsapp grup dan akhirnya menjadi tambahan ilmu. Dan rasanya semua ilmu yang udah diberikan terlalu mahal untuk diberikan cuma-cuma. Serius, kelas blogging ini gratis tidak ada dipungut biaya pendaftaran maupun biaya selama proses belajar.

Jejaring blogger

Kaknzul percaya, bahwa untuk konsisten menulis di blog itu butuh support, diantaranya komunitas dan teman-teman sesama blogger. Dan selama di Blogspedia Coaching#4 ini, ada banyak teman-teman cupuers yang menjadi support system buat Kaknzul selama 3 bulan.

Manfaat mengikuti Blogspedia Coaching

maritaningtyas

Ada banyak manfaat yang Kaknzul rasakan selama 3 bulan bersama Blogspedia Coaching ini, diantaranya:

Semakin mengenal diri

Meskipun suka menulis dan telah mencoba membuat beberapa karya, tapi menulis nonfiksi yang paling buat happy. Dan di Blogspedia Coaching, ini Kaknzul mantap untuk menulis terus di blog, membuat dan menerbitkan karya sendiri.

Selain itu, ada hal yang Kaknzul temukan selama 3 bulan ini, bahwa menjadi blogger tak hanya sekedar membagikan sebuah informasi, tapi menjadi perantara dari tersebarnya manfaat kepada mereka yang membutuhkan. Tahu nggak sobat, pada bagian ini Kaknzul merasa bermanfaat kembali setelah merasakan self esteem  yang semapat menurun, sebab merasa tak bermanfaat selama menjadi full mom.

“Ternyata aku punya sesuatu di dalam diri yang bermanfaat buat orang di luar sana"

Menjadi jalan untuk memberdayakan diri

Mengikuti Blogspedia Coaching buat Kaknzul bukan cuma sekedar membaca materi, kerjain tugas dan setor tugas. Apalagi Kaknzul adalah seorang ibu yang memiliki dua buah hati dan tugas di komunitas lain. Tentunya ini menantang sekali. Namun, sebuah keyakinan yang selalu Kaknzul pegang adalah semuanya bisa, jika sudah ditakar dengan kemampuan, maka tinggal lagi harus memberdayakan diri. Belajar mengatur waktu, kapan harus membaca materi, cari keyword, membuat kerangka tulisan, membuat tulisan dan posting, serta setor tugas. Semuanya perlu diri yang berdaya, tidak terkungkung oleh kata “AKU TIDAK BISA!” Tapi, berupaya menemukan pola yang pas buat diri sendiri.

Tak hanya soal waktu. Jujur ini adalah kali pertamanya Kaknzul mengikuti kelas blogging. Banyak istilah baru, banyak hal-hal teknis yang tak cukup sekali dua kali baca langsung paham, tapi harus berulang kali. Bahkan, terkadang yang berulang kali baca pun tetap belum paham. Dan akhirnya, tanya lagi sama Coach Marita atau teman-teman cupuers lainnya.

Melatih kesabaran, kedisiplinan serta ketelitian

Selama mengikuti Blogspedia Coaching apakah mulus-mulus saja? Oh tidak! Kaknzul pernah hampir menyerah saat materi membeli dan memasang template. Banyak kode-kode yang membuat mumet, sobat. Maklum selama ini tahunya kode ukuran sepatu dan sandal anak serta suami, terus tiba-tiba harus mantengi kode-kode buat memasang template.

Sabar!
Cuma itu jawaban buat kondisi yang kadang terasa sulit disaat mengikuti kelas blogging ini. Karena kalau nggak sabar, ya bisa menyerah di tengah jalan.

Tak hanya itu, Blogspedia Coaching ini melatih kedisiplinan. Karena kalau nggak disiplin buat setor tugas dan baca materi, cupuers bisa kepeleset. Tergopoh-gopoh mengerjakan tugas atau malah berujung nggak setor tugas dan kena tendangan maut hahahaha

Satu lagi yang juga Kaknzul rasakan selama mengikuti kelas blogging di Blogspedia Coaching ini yaitu ketelitian. Coach Marita selalu mengingatkan agar seorang blogger itu teliti dalam membaca.

Memupuk semangat untuk menjadi pembelajar

Manfaat berikutnya yang Kaknzul rasakan adalah termotivasi untuk terus belajar. Jadi makin banyak yang ingin diketahui lagi tentang dunia blogging, karena makin merasa cupu banget dan harus belajar lagi.

Melatih kemampuan menulis

Hampir semua tugas selama Blogspedia Coaching dalam bentuk artikel minimal 800 kata. Wah, kebayangkan dua hari sekali harus nulis artikel dengan jumlah minimal kata, Masyaallah. Tapi, Alhamdulillah jadi terbiasa buat mengembangkan tulisan.

Menambah wawasan

Manfaat yang satu ini udah pasti ya, selain wawasan tentang blogging dari materi dan diskusi selama kelas bloging berlangsung, ada juga sumber wawasan lainnya yaitu saat blogwalking. Dari tulisan-tulisan cupuers yang dibaca saat blogwalking banyak hal yang menjadi pengetahuan baru buat Kaknzul.

Jejaring Blogger

Selain bertemu dengan blogger lain selama kelas berlangsung, Kaknzul juga bertemu para Coach dan komunitas-komunitas blogger yang diikuti oleh mereka. Dan tentunya ini sangat bermanfaat buat Kaknzul yang masih cupu banget.

Tips bertahan hingga akhir

kelas ngeblog gratis

Bertahan sampai di titik akhir tentu bukan sebuah hal yang mudah. Tentunya ada perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan #cieeeee Hahahha. Berikut adalah tips dari Kaknzul agar bertahan hingga akhir selama mengikuti Blogspedia Coaching#4

Niat dan doa

Ini itu bahan bakar buat Kaknzul. Diawal perlu menggambarkan setelah kelas blogging ini berakhir mau seperti apa blog yang dipunya. Seperti apa blog impian itu. Akan digunakan untuk apa blog itu nantinya? Semua ini akan menjadi pengingat saat hati ingin menyerah di tengah jalan. Tak hanya itu, doa pun menjadi senjata dalam perjuangan selama 3 bulan bersama Blogspedia, sebab tak ada yang memudahkan segala urusan manusia di muka bumi ini, kecuali atas bantuan dari-Nya.

Izin suami

Saat membaca persyaratan mendaftar, salah satunya adalah izin suami. Kenapa hal ini begitu penting? Sebab, kalau suami sudah nggak ridho istrinya begadang atau duduk di depan laptop terus, kedepan jalan yang akan dilalui juga akan tidak mulus. Pasti ada rasa tidak enak kepada pasangan yang terus mengganjal dan menghalangi saat hendak mengerjakan tugas dan menyimak materi. Jadi, izin dari suami itu penting sekali. Selain agar suami mengetahui apa yang tengah dikerjakan dan kelas apa yang sedang diikuti, juga bisa dapat support berupa bantuan dikala tugas sudah mepet, tapi anak-anak perlu bantuan.

Berdayakan diri

Tips berikutnya adalah berdayakan diri. Buat Kaknzul jiwa yang berdaya itu artinya kendali waktu dan segala tugas ada di tangan sendiri. Bukan diatur oleh waktu apalagi tugas-tugas yang menumpuk. Sehingga, penting sekali untuk berdayakan diri dengan menemukan kapan waktu yang pas untuk menulis, membaca materi dan setor tugas, serta hal-hal lainnya selama kelas berlangsung. Karena meskipun mengikuti kelas blogging, tapi tugas domestik, anak dan suami tidak boleh terbengkalai.

Jangan malu bertanya

“Malu bertanya sesat di jalan.” Kalau di Blogspedia malu bertanya mumet sendirian. Ia saat tugas atau materi yang diberikan belum dipahami, bertanyalah atau berdiskusi dengan Coach atau Cupuers lainnya. Karena, untuk mengurai kebingungan di kepala caranya adalah dengan berdiskusi.

Berdayakan diri bersama Blogspedia Coaching

 Setiap kita pasti memiliki intan di dalam dirinya. Intan yang kuat, berkilauan dan penuh manfaat. Intan itu bernama potensi. Namun, ia perlu untuk ditemukan, diberi ruang untuk berkilauan dan bermanfaat. Buat sobat berdaya yang memiliki potensi dalam menulis, sejatinya banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan lewat menulis, serta mengambil bagian dari tersebarnya kebaikan. Jika sobat berdaya merasa butuh ilmu buat meng-upgrade diri, belajar nge-blog atau kelas nge-blog gratis dan menulis artikel, maka Blogspedia Coaching adalah jawabannya. Nah, buat tahu info tentang Blogspedia Coaching#5 langsung aja ke instagram @blogspedia.

Sampai bertemu di grup Blogspedia ya, sobat. 




Referensi:
  • https://www.blogspedia.my.id/
  • https://www.blogspedia.my.id/jasa/
  • https://www.maritaningtyas.com/2021/07/jasa-content-writing-semarang.html
  • https://www.maritaningtyas.com/2022/06/internet-menyatukan-indonesia.html
  • https://www.instagram.com/blogspedia/







1 comment

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. sama mbak, ketemu blogspedia coaching ini pas kebetulan butuh kelas ngeblog, tapi belum tau carinya gimana..

    ReplyDelete