kaknzul.com

Blogger Harus Tahu! Contoh Content Plan Blogger Pemula


cara membuat content plan



Hai sobat berdaya! Siapa nih yang semakin merasa berdaya ketika to do list-mu dalam sepekan telah tersusun rapi?

Kaknzul yakin, diantara sobat pasti ada yang terbiasa, lebih nyaman, merasa lebih produktif jika menuliskan aktivitas harian, pekanan, bulanan dalam sebuah to do list. Sepakat sih sobat, selain lebih nyaman, menghindari kelupaan dan bisa lebih produktif dalam management waktu. Supaya tiap detiknya bisa bermanfaat, ya. Wah, semangat ya! Terus berdaya dan produktif.

Nah, ternyata seorang blogger juga harus membuat content plan/blog plan, loh. Supaya tetap produktif dan terus berproses nge-branding diri dan meningkatkan kualitas conten.

Lalu, seperti apa sih contoh content plan blogger pemula? Mari lanjut lebih dalam lagi.

Apa itu Content Plan?

Masih ingat nggak sobat dengan ungkapan yang satu ingat.

“Perencanaan yang matang adalah 50% dari keberhasilan!”

Sepakat ya, setiap blogger tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai saat memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Ada yang ingin mencari peluang cuan, meningkatkan kualitas tulisan, branding diri, atau tujuan lainnya.

Semua tujuan itu tidak akan tercapai tanpa yang namanya PERENCANAAN. Nah, itulah makna dari content plan, yaitu sebuah perencanaan yang dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Membuat content blog harus memperhatikan hal-hal berikut:
  • Tujuan yang ingin dicapai
  • Niche/kategori tulisan
  • Jadwal posting
  • Membuat Outline 
langkah awal menjadi blogger

 

Mengapa Content Plan Penting?

Membuat Content Teratur dan Konsisten Posting

Membuat content plan akan membantu seorang blogger lebih teratur atau terjadwal dalam membuat postingan. Sobat, tentunya hal ini perlu disesuaikan dengan kemampuan.

Mengukur kemampuan diri menjadi penting, agar tidak "ngos-ngosan" yang justru membuat diri ingin menyerah dalam membuat content di blog yang dimiliki. Apakah one day one content, seminggu 3 content atau one week one content. Silahkan, bisa disesuaikan dengan kemampuan, agar tetap bahagia dalam membuat content/postingan.

Merencanakan Konten yang Seimbang

Diantara sobat berdaya, pasti ada yang memiliki niche blog lebih dari satu. Nah, content blog ini akan membantu para blogger untuk menyusun content yang seimbang. Kapan harus membuat content dari setiap niche yang dimilikinya.

Menyediakan Konten yang ditunggu Pembaca

Seiring berjalannya waktu, ternyata blogging tidak hanya menjadi aktivitas hoby atau pun me time, tapi juga menjadi tempat berbagi informasi yang bisa dibagikan kepada pembaca. Konten blog membantu seorang blogger merencanakan content yang disukai atau dibutuhkanoleh pembacanya.

Tanda Hari-hari Spesial

Salah satu ide tulisan yang menjadi peluang blogger adalah saat ada momentum atau peringatan hari-hari tertentu. Nah, dengan adanya content blog membantu blogger untuk merencanakan content pada hari-hari tersebut.

Memilih Ide Terbaik

Siapa nih yang suka banjir ide, terlalu banyak ide tulisan yang pengen di posting. Sampai-sampai note penuh dengan ide tulisan. Dengan adanya content blog ini, membantu banget buat blogger dalam mengeksekusi sebuah ide. Mana yang lebih tepat, lebih bagus dan lebih dahulu harus dieksekusi.

Tidak Ada Alasan Buntu Ide

Jika diawal menulis sering buntu ide, content plan membantu blogger terhindar dari yang namanya buntu ide. Karena sudah terencana akan menulis tentang apa.

Mencari Postingan Lebih Cepat

Jika blogger mencatat link posting yang sudah tayang di dalam content plan yang dibuat, akan memudahkan blogger pula dalam mencari tulisan lamanya.

Menghemat Waktu

Buat yang merasa sering kehabisan waktu saat menentukan akan menulis tentang topik apa, harus coba buat content plan, deh. Hal ini dikarenakan, blogger sudah tahu akan menulis tentang apa, dalam sehari, seminggu, bulan, bahkan dalam setahun.

Cara Membuat Content Plan

Bagaimana cara membuat content plan? Sebelum membuat content plan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang blogger.

Media Content Plan.

Ada tiga media content plan yang bisa digunakan oleh seorang blogger. Pertama manual, yaitu menggunakan buku catatan atau buku jurnal. Kedua, printabel/freebies yang bisa di download secara gratis atau dibeli. Atau bisa juga desain sendiri dengan menggunakan apalikasi canva dan sebagainya. Ketiga, dengan MS.Excel

Jenis Content Plan

Yearly blogging plan


Menetapkan tujuan dalam setahun. Hal apa saja yang ingin dicapai dalam setahun dengan blog yang dipunya. DA/PA yang ingin dicapai, traffic yang yang ingin diraih atau nominal cuan yang ingin diperoleh. Selain itu, ada hal-hal yang lain yang harus dilakukan, seperti meningkatkan kualitas diri dan tulisan, atau membenahi struktur blog dan jadwal tulisan.

Monthly Blogging Plan

Lanjut, setelah menentukan tujuan dan hal-hal yang akan dilakukan dalam setahun, maka breakdown lagi perencanaan itu dalam content plan tiap bulannya.

Merencanakna jumlah tulisan yang akan diposting dalam satu bulan, mencatat hari-hari besar dalam satu bulan dan merencanakan jadwal posting.

Weekly Plan

Breakdown kembali rencana bulanan untuk menetapkan jadwal posting dihari apa, merencanakan tema/kategori mana yang akan digunakan dalam tulisan, dan merencanakan hal-hal apa saja yang harus dilakukan dalam pekan itu untuk membuat postingan yang berkualitas.

Daily Plan: Outline/Mind Map

Tentukan hal-hal berikut sebelum membuat sebuah tulisan.

  • Tema, kategori dan judul
  • Tanggal terbit
  • Keyword
  • Latar belakang pembuatan artikel
  • Tujuan dan manfaat
  • Narasumber, konten pendukung yang dibutuhkan
  • Kesimpulan
  • Daftar pustaka/sumber/referensi

Contoh Content Plan Blogger Pemula

Langkah pertama dalam membuat perencanaan konten adalah


langkah awal menjadi blogger


Buat Kaknzul sebuah konsistensi itu perlu dilatih. Salah satunya dengan membuat perencanaan. Maka, penting sekali buat blogger pemula untuk membuat content plan yang terukur atau disesuaikan dengan kemampuannya.
Berikut contoh content plan milik Kaknzul

Nah, gimana sobat berdaya, sudah terbayangkan contoh conten plan blogger pemula. Yuk! Langsung eksekusi. Semangat bareng! Konsisten Bareng Nulisnya!

3 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Semangat Kak, menyusun content plan adalah jalan menuju kesuksesan.. semoga sama sama berhasil kita yaa Kak :)

    ReplyDelete
  2. Konsistensi menjadi tantangan berat buat ku kak...semoga bisa terus konsisten ya kak.... :)

    ReplyDelete