kaknzul.com

Personal Branding Bagi Blogger Pemula

Contoh blog personal branding



Ngobrolin tentang personal branding, yang terbayang adalah tentang diri sendiri. Karena personal branding itu dimulai dari mengenal diri sendiri. Sejauh mana mengenal diri sendiri? Apa skill, value, karakter kuat dan attitude yang melekat dalam diri.

 Ada yang bingung nggak saat diminta untuk menyebutkan tentang personal brandingnya? Apalagi nih, buat blogger pemula kayak Kaknzul yang akhirnya mikir keras. Padahal, ini bukan pertanyaan pertama kalinya tentang personal branding loh. Cuma dulu jawab apa ya saat ditanya seperti itu? Hahaha

Apa sih pentingnya personal branding bagi blogger pemula? Apa saja langkah-langkah dalam membangun personal branding? Yuk kita cek bersama.

Apa itu personal branding?


Jika sebagian orang menganggap bahwa personal branding itu hanya dimiliki oleh mereka yang terkenal, sebenarnya anggapan itu keliru ya, sobat. Karena mereka yang terkenal dengan personal brandingnya hari ini adalah mereka yang pernah dalam posisi menemukan, membangun dan mengembangkan personal brandingnya juga. Cuma, kitanya aja yang baru melihat dan mengenal mereka setelah terkenal.

Saat ditanya tentang personal branding nih, Kaknzul jadi teringat tentang satu ayat di dalam Al quran.

“Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? Maka Maha Tinggi Allah, Raja yang sebenarnya tidak ada Tuhan selain Dia. Tuhan (Yang mempunyai) ‘Arsy yang mulia.” (QS. Al Mu’minun: 115-116)

Buat Kaknzul, ayat ini menjadi acuan dan penyemangat saat pernah berada di masa-masa struggle. Dimana self esteem tengah mengalami kemerosotan pasca berhenti bekerja. Hayooo, siapa nih yang pernah mengalami hal yang sama?

Di QS. Al Mu’minun: 115-116 Allah SWT sebagai Pnecipta manusia menyampaikan, bahwa manusia itu diciptakan bukan untuk main-main saja atau tanpa tujuan. Bahkan dia ayat lainnya, Allah sebutkan tujuan penciptaan manusia untuk beribadah dan sebagai khalifah di muka bumi. Lalu, apa kaitannya sama personal branding?

Kalau ada tujuan yang telah ditetapkan Sang Empunya, pasti Ia juga sudah membekali dengan kemampuan atau potensinya juga. Tujuannya, supaya mempermudah tujuan itu tercapai dan maksimal dalam memainkan peran di muka bumi, agar sampai pada tujuan yang sudah dirancang oleh Sang Pencipta. Kebayang kan ya?

Dengan kemampuan atau potensi inilah kemudian seseorang dapat memperkenalkan dirinya kepada orang lain. Inilah yang disebut sebagai personal branding. Atau dengan kata lain, personal branding adalah bagaimana seseorang mengembangkan dan memaksimalkan potensi/keterampilan(skill), perilaku (behaviour) dan memahami nilai unggul (value) apa yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya.

“Aku bisa apa ya?”

Balik lagi, ke surat al mu’minun 115-116, yakin kalau setiap manusia punya kemampuan. Hanya saja kebanyakan dari manusai tidak terbiasa mengenali dirinya, sehingga bingung “aku bisa apa?” Untuk itu diperlukan untuk menggali dan mengenali diri kembali.

Kenapa harus mengenali diri?


Kalau jawaban versi Kaknzul nih, berdasarkan pengalaman pribadi, ketika tahu apa potensi diri, jadi lebih percaya diri buat menjalankan peran diri selama di dunia. Kalau udah percaya diri, ada banyak kebaikan yang bisa dilakukan dengan potensi yang dikembangkan lewat personal branding. Misal seorang writer dan blogger seperti Kaknzul yang berpartisipasi dalam tersebarnya kebaikan, kebermanfaatan lewat tulisan dan menjadi perantara tersampaikannya suatu ilmu kepada yang membutuhkan. Karena hari ini, banyak sekali loh pembaca yang mengakses sebuah informasi yang mereka butuhkan dari mesin pencarian.

Contoh lainnya, mereka yang antusias dalam dunia parenting dan blogger, mereka berpartisipasi dalam kebaikan dan kebermanfaatan sebuah informasi tentang dunia parenting yang menjadi potensi dan personal brandingnya.

Pentingnya personal branding bagi blogger pemula


Buat Blogger pemula, untuk apa sih personal branding ini? Coach Marita menyampaikan bahwa personal branding bagi blogger pemula bermanfaat untuk:

  • Memperkenalkan dan mempertajam citra diri seseorang
  • Mempermudah orang lain mengingat kita
  • Memudahkan dalam menentukan pilihan
  • Memfokuskan diri pada apa yang ingin dicapai


Cara Membangun Personal Branding


Menurut Coach Marita ada 6 langkah dalam membangun personal branding.

  • Kenali Diri 


Disini, Coach Marita mengingatkan kembali tentang materi alasan ngeblog, memilih nama blog, memilih domain dan niche.

Kalau yang Kaknzul telaah nih, emang benar ya ada kaitan sama materi sebelumnya dan sampai di titik ini jadi lebih mengerucut pada satu kata “Writer” Karena sejauh ini dalam mengenali diri, Kaknzul emang selalu merasa bertumbuh dan berkembang jika menulis. Sebaliknya, berasa kayak bolu bantet kalau udah lama nggak baca dan menulis hahahahha 


Dan untuk niche, Kaknzul masih belum move on dengan life style blog, karena emang nggk pengen dibatasi tema yang ingin di tulis, baik di blog maupun media lainnya.

langkah dasar personal branding

  • Temukan PDB


Temukan PDB (Positioning Differentiation Brand), keunikan dan hal apa yang dimiliki Kaknzul.com dan belum tentu dimiliki blog lainnya? Awalnya bingung sih, apa ya keunikan Kaknzul.com dibandingkan blog lainnya? Sampai akhirnya, Kaknzul teringat dengan apresiasi dari salah satu  komunitas tentang tulisan Kaknzul baru-baru ini. Dimana, tulisan Kaknzul menggunakan storytelling yang membuat pembaca mudah memahami tulisan yang disajikan. Kalau menurut sobat berdaya sendiri benar nggk sih? Narsis banget ya tanya langsung.

  • Berikan Bukti


Pertanyaan berikutnya? Sudah seberapa konsisten update postingan dan sudah seberapa passionate dalam menulis artikel-artikel di blog sendiri?

Duh, masih jauh dari kata konsisten nih. Karena saat ini baru sekedar memenuhi tugas coaching, karena ternyata menuliskan tugas sendiri buat saya memakan waktu yang tak cukup sehari. Namun, sembari mengerjakan tugas, sebenarnya ada banyak ide yang muncul dan ingin ditulis, tapi apalah daya untuk ekseskusinya belum juga. Semoga setelah coaching bisa terealisasikan.

  • Optimalisasi Media Sosial 


Kata Coach Marita, saat ini blogger juga dianggap influencer, makanya blogger juga memiliki keharusan untuk aktif  di media sosial. Tak hanya membagikan posting berupa tulisan, tapi juga membagikan aktivitas harian kita dalam blogging, menulis, cari konten dan datang event.

Btw, ngomongin datang ke event. Sekarang tuh, kalau menghadiri event langsung kepikiran buat dijadikan ide tulisan. Foto-foto buat dokumentasi dan infografis di blog dan jadi lebih fokus dalam mengikuti event loh.

Optimalisasi media sosial, Kaknzul baru bisa fokus di instagram aja nih sobat. Media sosial lain sebenarnya punya, hanya saja kemampuan belum mumpuni untuk mengelola semuanya. Suatu hari nanti ya, semoga bisa dihandle dan diupdate semuanya.

Kaknzul sudah mengganti settingan IG personal menjadi professional atau bisnis, supaya bisa memantau insight medsos. 

personal branding bagi blogger



  • Kolaborasi


Langkah buat membangun branding blogger berikutnya adalah kolaborasi. Kata Coach Marita diantara contohnya seperti ikutan blogwalking, medsos walking, join komunitas blogging. Wahh ini jadi PE ER buat Kaknzul.

  • Evaluasi


Kerenlah, bukti dari keseriusan membangun branding itu sampai pada titik evaluasi. Seperti setiap akhir pekan melakukan cek insight media sosial dan views blog. Ada penambahan tidak, like dan followersnya. Cek juga konsistensi dan kualitas postingan di media sosial.

Nah, gimana sobat berdaya. Sudah kebayang belum tentang personal branding? Kira-kira sudah mulai terbaca belum apa nih potensi sobat? Terimakasih ya, sudah baca tulisan personal branding bagi blogger pemula sampai akhir. Semangat menulis!

7 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Ish thanks ya mba makin paham tentang personal branding

    ReplyDelete
  2. Personal branding salah satu jalan untuk lebih mengenali diri. Potongan surahnya menjadi pengingat saya juga. Terima kasih kaknzul

    ReplyDelete
  3. Mantab Kak Tips tipsnyaa.. bermanfaat sekali untuk sy yg belajar branding diri

    ReplyDelete
  4. Saya juga nih kak, belum konsisten nulis. Ide banyak tapi eksekusinya masih belum rutin nulis.

    ReplyDelete
  5. QS. Al Mu’minun: 115-116 ngena banget mba. makasih remindernya

    ReplyDelete
  6. hehe jadi semangat belajar untuk personal branding

    ReplyDelete
  7. hi kaknzul sudah ku follow yaa ig.nya suka banget dengan penjelasannya. Semangatt kak

    ReplyDelete