kaknzul.com

Pengen artikel cepat diindex Google? Yuk! Setting Google News


google news publisher

Setelah kenalan sama Google Analytic dan Google Search Console, kali ini kita akan berkenalan dengan satu lagi alat yang penting banget buat seorang Blogger. Kenapa? Karena alat ini akan membantu Blogger, menjadikan artikel bisa muncul dalam mesin pencarian ketika si pembaca mengetikkan sebuah keyword yang sesuai dengan artikel.

Kalau dilihat secara sekilas, hampir sama dengan Google Search Console fungsinya, tapi yang kali ini nih menurut pengalaman Coach Marita juga nih, alat yang satu ini akan lebih simple. Anti ribet-ribet dan tidak perlu index one by one artikel di GSC.

Sepakat ya, artikel muncul di mesin pencarian menjadi salah satu tujuan bagi Blogger, sebab dengan begitu pembaca akan mudah menemukan tulisan kita. So, ketika pembaca menemukan artikel milik kita, maka semakin mudah pula tersampaikannya informasi yang ingin dibagikan.

Nah, untuk itu kali ini kita akan belajar tentang apa itu Google News dan bagaimana cara setting Google News?

Mengapa Google News penting bagi Blogger?


Dulu, Kaknzul pikir setelah publish sebuah postingan, maka pembaca akan menemukan tulisan kita di mesin pencarian. Ternyata, tidak semudah itu ya. Hahaha, karena tentunya butuh perjuangan buat bisa menyampaikan sebuah informasi hingga bisa dijangkau oleh pembaca.

Nah, Alhamdulillah ada beberapa alat yang membantu Blogger supaya tulisannya bisa sampai ke pembaca. Salah satunya adalah Google News.
 

Sebelumnya ada Google Search Console yang membantu indexing artikel supaya sampai ke pembaca. Hanya saja proses indexing harus dilakukan one by one artikel dan saat ini ada pembatasan jumlah artikel yang bisa diindexing per harinya. Belum lagi, jika terjadi error lainya atau lupa melakukan proses indexing.

Nah, dengan mendaftar ke Google News, maka artikel akan lebih cepat terindex oleh Google. Hal itu pula yang akan membantu informasi yang ingin kita sampaikan kepada pembaca lebih cepat tersampaikan tanpa harus berlama-lama, ribet dalam melakukan indexing dan tak perlu indexing one by one artikel.

Setting Google News


Sebelum lanjut ke proses pendaftaran Google News, Kaknzul pengen kasih tahu dulu ya. Tetap tenang dalam mengikuti step by stepnya. Nikmati aja dan sabar. Heheheh

Sebelum melakukan proses pendaftaran Google News siapkan terlebih dahulu gambar logo dan header blog dengan ketentuan berikut:

  • Square ukuran 512 x 512 px
  • Logo ukuran/header 10;1 misal, 2000 px : 200 px (Background putih)
  • Logo ukuran/header 10:1 misal, 2000 px: 200 pc (Background hitam)


Pertama masuk ke Google News, kemudian pilih nama akun yang akan dibuatkan Google News. Pastikan akun yang akan didaftarkan ke Google News sudah terdaftar pula pada Google Search Console.

google berita terkini hari ini

Pilih Add, lalu beri nama pada publikasinya, bebas bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing atau nama blog. Pilih nama lokasi dan centang pada kotak.


Pilih open, klik edit. Pilih kategori blog sesuai niche. Pilih next.

google news bahasa indonesia

Masukan feed, klik pada tanda plus. Pada kolom judul, ketikan judul sesuai dengan keinginan masing-masing dan pada Rss masukan link berikut. https://kaknzul.com/feeds/posts/default *Ganti nama blog sesuai dengan blog masing-masing.

Lalu pilih save dipojok kanan.

Setelah itu, cek artikel pada tanda panah. Jika belum ada artikel yang muncul maka refresh terus sampai semua artikel yang dimiliki muncul. Proses ini butuh kesabaran sobat, sebab semakin banyak artikel yang dimiliki, maka semakin lama pula prosesnya. Refresh terus, baik di url maupun di dalam refresh yang ada di box perintah.

 

google news bahas inggris

Lanjut, masuk ke review and publish. Cek apa saja yang perlu ditinjau atau review. Edit dan lengkapi yang perlu dilengkapi. Sampai semua tinjauan atau review selesai. Dan jangan lupa Save.

Pada bagian gaya visual atau style, lakukan upload logo dan header sesuai dengan ukuran yang telah Kaknzul tuliskan diatas ya. Klik Save.

Kembali lagi pada review and publish, lalu pilih publish.

 

google news publisher

Keterangan in review atau sedang ditinjau itu artinya Google news sedang dalam proses meninjau akun milik kita. Proses review ini masing-masing akun berbeda kecepatannya, sehingga butuh kesabaran dan tetap tenang.
Sekian, sobat berdaya proses setting Google News pada blog. Semoga membantu ya, jangan lupa langsung dipraktekin step by stepnya dengan tetap tenang dan sabar.Sampai bertemu di tulisan berikutnya.

3 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Bolak-balik nengokin publisher center, masih in review aja punya saya...penantian oh penantian...

    ReplyDelete
  2. Punya saya juga kak, susah dari kemarin publish tapi masih in review.

    ReplyDelete
  3. boleh ini dicoba, karena blogger cupu ini lagi obsesi menaikkan jumlah artikel yang terindeks. Hahaha. terimakasih info tentang Google News ini mbak

    ReplyDelete