kaknzul.com

Blogger Pemula Wajib Tahu! Cara Pasang Google Analytics Terbaru


cara pasang google analytics blogspedia coaching


Hai sobat berdaya, selain terus menulis dan update postingan di blog, seorang Blogger tentunya perlu banget memantau traffic blog atau website yang dimiliki. Tak hanya itu, seorang Blogger juga harus memantau kira-kira konten mana yang lebih banyak pengunjungnya. Tujuannya adalah sebagai bahan pertimbangan untuk membuat next konten.

Pengalaman di materi bonus kali ini tentunya nggak mudah buat emak-emak yang suka mumet sama kode-kode. Hahahah jadi teringat waktu pertama kali pasang domain dan template. Tapi, Alhamdulillah ada coach Sugi yang sabar bantuin peserta saat terkendala dalam memasang alat tempur yang satu ini buat para Blogger pemula di coaching #4.

Nah, kali ini Google memberikan kemudahan bagi para Blogger untuk mengetahui traffic blog atau webstite yang dimiliki.

Di tulisan kali ini Kaknzul akan bahas tentang Bagaimana cara pasang Google Analytics terbaru. Dan saran Kaknzul nih, buat yang mau coba pasang Google Analytics di blog/website sobat, langsung dipraktekkin aja, karena ada banyak sebenarnya step by stepnya.

Google Analytics


Tak kenal maka, kenalan yuk. Sama! Kaknzul juga baru kenalan sama salah satu kemudahan yang Google sediakan bagi para penggunanya.

Google Analytics adalah layanan yang disediakan oleh Google untuk melacak traffic pada website/blog dan membuat report data traffic. Contoh data yang dilacak dari Google Analytics, jumlah visitor, page yang sering dikunjungi, nilai pages dan lainnya.

Nah, kali ini yang Kaknzul gunakan adalah versi terbaru dari Google Analytics yaitu GA4. Tentunya ada versi terbaru yang dilengkapi dengan  kecerdasan dalam menghimpun data yang dibutuhkan. Jadi, membantu banget kan buat Blogger.

Manfaat menggunakan Google Analytics


  • Blogger bisa memantau traffic pada blog dengan Google Analytics
  • Selain traffic blog, ada banyak data lain yang bisa dijadikan acuan untuk melihat performa blog atau website yang dimiliki. ,
  • Dengan Google Analyics, Blogger bisa melihat data asal traffic, demografi pengujung, teknologi yang digunakan, dan lainnya.
  • Mengetahu content terpopular. Dan hal ini sangat bermanfaat bagi para Blogger pemula, sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun content plan.

Cara memasang Google Analytics GA 4, Blogspedia Coaching


Di materi bonus yang pertama Blogspedia Coaching adalah cara memasang Google Analytics. Sebagai alat tempur yang wajib banget dimiliki oleh setiap Blogger pemula. 

Langkah yang pertama adalah buka analytics.google.com. Jika belum memiliki akun, maka yang harus pertama kali dilakukan adalah membuat akun pada Google Analytics. Pilih Creat Account, disini ada beberapa kolom yang harus diisi. Pertama, pada Account name, tuliskan nama account yang akan digunakan. Setelah itu next. 



 

cara kerja google analytics

Atur property details. Isi sesuai kebutuhan dan keadaan. Misal, Time zone dan country dan nama akun.Next

Isikan bisnis detail. Sesuai bisnis yang yang sesuai dengan kita banget. Lalu, isikan juga bisnis size. Next

Kemudian pada business objectives pilih Generate leads dan Raise Brand Awareness. Create

Setelah itu, akan muncul tampilan konfirmasi, isikan dengan negara kita dan pilih atau centang pada kolom persetujuan dibawahnya. Save

Kemudian pada data collection, pilih dengan pilihan web jika platform yang digunakan adalah website.

Pada set up data stream, isi alamat web sobat dan juga stream name (nama akun diawal atau bisa juga bebas ya). Creat stream

Pada web stream details akan muncul ID, jangan lupa dicatat atau copy-paste dan simpan pada tempat yang aman. Karena ID ini nantinya akan digunakan kembali.

Setelah itu pilihlah view tag instruction untuk melanjutkan step berikutnya dalam memasang Google Analytics.
Berikutnya untuk memasang Google Tag Manager pilih install manually, lalu salin/copy kode yang ada. Kemudian parsing terlebih dalu kode tersebut pada deevacollection/p/parsing-tools.html. Paste kode yang dicopy tadi. Lalu, pilih Parse code dan copy kembali kode yang yang sudah diparsing.

Buka akun blog kita, pilih tema dan pilih sesuaikan/customize.

Klik dan Ctrl+F <head> *Petunjuknya adalah paste kode yang sudah diparsing tadi setelah <head> dan save. Nah, begitulah cara pasang Google Analytics.

Coach Sugi juga mengingatkan, bahwa data yang sudah diinput butuh waktu minimal 24 jam untuk dapat digunakan.

Selanjutnya adalah membuat akun Google Tag Manager.

Pilih GTM di tab lainya, pilih creat account. Selanjutnya, pada Add a new account masukan data sesuai yang diinginkan, seperti nama akun, negara dan nama blog dan target platform.

Pilih yes dibagian bawah dan Save.

Jika sudah berhasil, akan dibawa pada halaman berikutnya. Tugas selanjutnya adalah memasang GTM pada blog dengan cara copy paste GTM pada blog yang dimiliki.

Caranya salin kode yang pertama atau bagian atas dulu. Kemudian parse terlebih dahulu kodenya, setelah itu buka Blog dan pilih tema, lalu pilih sesuaikan/customize dan pilih edit HTML.

Klik dan CTRL+F dan cari <head>. Setelah bertemu pastekan kode yang tadi setelah <head>. Save

Balik pada GTM (Google Tag Manager), copy link kedua dan parse kode tersebut dan copy kembali kodenya dan balik lagi ke Blog.

Klik, CTRL+F <body>

Paste kode kedua tadi setelah <body> paste kode tersebut dan Save.

Kemudian kembali ke GTM.

Buat nama tag, isi pada bagian new tag, nama tag. Lalu, pilih tanda pensil disebelah kanan dan pilih Google Analytics. Masukan ID yang sudah disimpan diawal. Copy-paste.

Pada page name isikan page view dan pada triggernya pilih All pages. Dan pilih Save dipojok kanan halaman.

Setelah selesai sobat berdaya bisa cek apakah GA dan GTM sudah berhasil atau belum. Pilih preview dipojok kanan halaman.

Masukkan nama blog lengkap mulai dari https. Lalu klik Connect. Jika tag assistant muncul itu tandanya berhasil.

cara membaca google analytics

 

Selanjutnya, ke GA pilih debug view. Jika tampilannya sudah berjalan itu artinya GA berhasil dipasang.

Step terakhir masuk ke GTM kembali, pilih submit lalu isikan nama tag dan terakhir adalah Publish.

Alhamdulillah akhirnya finish, setelah step by step yang lumayan panjang dan sempat buat mumet emak-emak karena harus berurusan sama kode-kode.
Begitulah sobat cara pasang Google Analytics terbaru bersama Blogspedia Coaching. Jangan pernah menyerah karena bisa jadi di depan mata adalah pintu keberhasilanmu. Pesan Coach Marita yang selalu Kaknzul ingat adalah “Tetap tenang. Jangan grasak grusuk” Kalau Coach Sugi “Pelan-pelan, nikmati setiap prosesnya!”

Sampai bertemu di tulisan berikutnya.



Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.