kaknzul.com

Tutorial Pasang Google Search Console Bagi Blogger Pemula

bagaimana caranya agar blog kita muncul di google


Hai sobat berdaya, masih semangatkan nguplek-nguplek blog impiannya? Meskipun terkadang buat mumet emak-emak, anti menyerah ya sobat. Karena blog impian butuh proses dan ujian untuk bisa tampil sebagai blog yang diimpikan selama ini. Ayo semangat!

Setelah berhasil pasang Google Analytics yang lumayan memberikan shock teraphy after libur semingguan, kali ini kita lanjut sama satu lagi nih, alat tempur yang harus dimiliki Blogger supaya artikel kita bisa menjangkau para pembaca.

Kali ini kita akan kupas tuntas tutorial pasang Google Seach Console bagi Blogger pemula. Yuk kenalan langsung sama GSC (Google Search Console).

Apa itu Google Search Console?


Kalau baca di beberapa website, jujur masih bingung dan belum kebayang kaya apa sih Google Search Console itu? Bagaimana cara menggunakan Google Search Console?

Alhamdulillah, setelah menyimak penjelasan Coach Sugianto dan Coach Marita jadi lebih kebayang tentang alat tempur Blogger yang satu ini.

Sebelumnya, Google Search Console ini dikenal sebagai Google Webmaster Tools. Sebuah platform gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu para pemiliki website untuk mengidentifikasi performa dan melakukan optimasi website secara organik.

Selain untuk melihat performa website, GSC juga membantu para Blogger untuk menemukan keyword terpopular, traffic website, kinerja website di perangkat mobile, eksternal dan internal link dan masih banyak lagi manfaat dari GSC ini.

Google Search Console untuk apa?

Google analytics


Yuk kita kenalan sama manfaat GSC biar makin daging pembahasan kita kali ini.

Inspeksi URL

Ini nih, kenapa GSC itu penting banget buat para Blogger pemula. Karena buat artikel baru kita yang belum terindeks search engine, atau lama terindeksnya, maka GSC akan membantu agar artikel kita terindeks lebih cepat. Sehingga, ketika pembaca mengetikkan keyword yang sesuai dengan artikel, maka artikel milik kita akan muncul di search engine. Inspeksi URL akan membantu kita untuk membuat artikel mudah terindeks oleh search engine. Sederhananya, inspeksi URL ini membantu bagaimana artikel kita muncul di Google loh.

Indentifikasi Performa Website

GSC membantu pemiliki website/Blogger untuk mengidentifikasi performa website. Memberikan data tentang jumlah trafik, keyword terpopular, broken link dan berbagai matriks seperti page rank, impression dan CTR.

Mengetahui Internal dan Eksternal link

Selama ini Kaknzul itu bertanya-tanya loh. “Gimana caranya untuk melihat backlink dari website kita?” Kalau di media sosial lainnya, tag atau mention kan langsung kelihatan gitu ya notifikasinya. Sementara di website, gimana cara lihatnya.

Nah, dengan GSC ini kita bisa melihat backlink dari website kita.

Submite Sitemap

Sitemap berfungsi untuk mengetahui url yang terdaftar dalam sebuah website, Sitemap dapat berfungsi untuk google mengetahui url terbaru pada sebuah website. Namun, untuk mengetahui url terbaru kita harus submit sitemap terlebih dahulu pada Google Search Console. Setelah submit, Sitemap website kita maka otomatis url terbaru akan terinspeksi dan terindeks dengan sendirinya.

Menghapus index Google

Agar postingan yang telah dihapus tidak menyebabkan laman not found, maka GSC dapat melakukan penghapusan index Google.

Tutorial pasang Google Search Console bagi Blogger pemula.

Sebelum kita mulai untuk memasang GSC, Kaknzul sampaikan terlebih dahulu agar step by step dilakukan dengan tenang dan dinikmati setiap prosesnya, seperti yang disampaikan oleh Coach Marita dan Coach Sugianto. Namun, prosesnya akan lebih mudah dan lebih cepat jika dibandingkan dengan memasang Google Analytics.

Pertama, masuk ke dashboard akun website milik kita. Lalu, pilih menu Setting dan pilih Google Search Console pada bagian Crawler and Indexing.
 

Cara mengunakan google search console

Kemudian kita akan masuk pada halaman awal GSC. Pada bagian URL Prefix, copy-paste URL website milik kita dan Continue.

Cara tepat melakukan veirifikasi google search console

 

Selanjutnya, kita akan melakukan verifikasi GSC.

Pilih Setting, pastikan Google Analytics telah terverifikasi atau tercentang hijau.

 

Google search console untuk apa?

Tahap selanjutnya adalah cara menghubungkan GSC dengan Google Analytics.

Pertama, masuk terlebih dahulu di akun Google Analytics milik kita, analytics.google.com.Kemudian, pilih admin. Pilih Search Console Link. Dan pilih Link di pojok atas. 


Google analytics

Pilih choose account, karena kita sudah memiliki akunnya. Centang pada akun milik kita pada kotak disebelah kiri. Lalu, pilih Confirm 

 

Bagaimana caranya agar blog kita muncul di google?

dan Next.

Pilih stream account kita dan Next. Maka GSC sudah tersambung dengan Google Analytics milik kita.  

Cara mengunakan google search console

Selanjutnya, kita kembali ke Google Search Console. Kita akan membuat site map terlebih dahulu sebagai tempat yang akan berfungsi untuk menyimpan data tentang update yang kita lakukan pada website.

Pilih sitemap. Pada bagian add a new sitemap, masukan sitemap baru,”sitemap.xml.” Lalu, Submit. Maka sitemap kita sudah ready.
 

Bagaimana caranya agar blog kita muncul di google?

Selanjutnya, cara pengajuan indexing artikel.

Copy-paste url artikel yang akan kita ajukan index Google. Lalu, kembali ke GSC dan pilih URL inspeksi. Pada bagian sidebar, paste url artikel tadi dan Enter. Kemudian, tunggu sebentar dan harap bersabar, karena diproses ini setiap website memiliki kecepatan yang berbeda-beda.

Cara tepat melakukan veirifikasi google search console

Kemudian pilih test live URL dan kembali tunggu sampai berubah menjadi centang hijau atau URL is on Google

Langkah selanjutnya, pilih request indexing dan harap bersabar kembali untuk menunggu prosess indexing. 


Cara mengunakan google search console

 

Google analytics

Pesan dari Coach Sugianto, semakin sering kita melakukan update tulisan juga akan mempengruhi kecepatan dalam proses indexing. Nah, proses indexing ini bisa dilakukan berulang untuk artikel lainnya.

 “Lakukan indexing artikel setiap kali selesai update tulisan,” pesan Coach Marita saat sesi diskusi.

Nah, begitu sobat tentang alat tempur Blogger yang bernama GSC (Google Search Console). Semoga tutorial pasang Google Search Console ini membantu sobat berdaya juga ya. Jangan lupa langsung eksekusi dan tetap tenang, sabar dan menikmati step by stepnya. Selamat mencoba. Sampai bertemu di tulisan berikutnya.









Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.