kaknzul.com

SERU! Belajar Membaca Lewat Buku Cerita

apa manfaat membacakan buku cerita



Sobat berdaya, siapa nih yang memiliki rutinitas membacakan buku ke anak-anak sejak dini? Wah,,, Kaknzul yakin diantara sobat berdaya pasti ada yang sudah konsisten membacakan buku kepada anak-anak di rumah.

Ada banyak manfaat membacakan buku pada anak sejak dini. Salah satunya nih yang sedang Kaknzul rasakan secara langsung adalah anak memiliki rasa ingin tahu tentang setiap huruf dan kata yang terdapat pada buku. Akhirnya, muncul keinginan dari dalam diri anak untuk belajar membaca.

Aktivitas membaca bagi anak

Aktivitas membaca merupakan aktivitas yang tidak mudah bagi anak. Sebab, melibatkan kemampuan yang kompleks.

Mengutip dari ejournal.undiksha.ac.id, bahwa membaca melibatkan kemampuan linguistik, psikologis, dan perseptual. Sehingga, belajar membaca dengan cara yang seru dan menyenangkan bagi anak akan sangat membantu.

Salah satu aktivitas yang sangat membantu anak dalam belajar membaca adalah membacakan nyaring. Orang tua dapat membangun kebiasaan membacakan buku cerita pada anak, sehingga membantu anak mengenal bunyi dan bentuk huruf.

Belajar membaca lewat buku cerita

Ketika si Sulung mulai tertarik dan menyampaikan keinginannya agar bisa membaca kata-kata yang ada di buku, Kaknzul membantunya membaca kata-kata yang mudah untuk dibaca bagi anak diusia 6 tahun. Namun, si Sulung terlihat belum puas. Sebab, ketika ingin membaca kata yang lebih rumit ia merasa kesulitan. Kaknzul pun mencari buku cerita yang disesuaikan dengan kemampuan pembaca awal.

Buku cerita seri pembaca cilik awal

mebaca buku cerita anak tk

Buku cerita kali ini berbeda dengan buku cerita pada umumnya. Sebab, buku ini disusun dengan 3 jenjang. Tiap jenjangnya disesuaikan dengan kemampuan pembaca awal.

Anak yang sudah mengenali huruf alfabeth dapat membaca buku cerita ini secara mandiri. Sebab, buku ini ramah cerna bagi anak-anak.

Dalam satu set buku cerita seri pembaca awal ini terdapat 15 judul. Sehingga, tiap jenjangnya terdapat 5 judul. Waaah, puas banget buat anak-anak yang sedang ketagihan membaca secara mandiri

Jenjang 1

membaca buku cerita anak tk

Jenjang satu merupakan jenjang pertama dengan 1 kalimat yang terdiri dari maksimal 5 kata. Ukuran huruf pun disesuaikan agar anak mudah melihat bentuk huruf. Ukuran huruf yang digunakan yaitu 28 sehingga terlihat jelas bagi anak-anak yang sedang belajar membaca.

Tak hanya itu, kalimat yang digunakan hanya kalimat tunggal dan struktur kalimat hanya ada subjek, predikat dan objek.

Jenjang 2

Jenjang kedua, merupakan jenjang berikutnya setelah jenjang satu. Pada jenjang kedua terdapat maksimal dua kalimat dengan jumlah suku kata maksimal 7.

Struktur kalimat mengalami penambahan. Jika di jenjang satu hanya ada kalimat tunggal, maka di jenjang dua struktur kalimat yang digunakan adalah kalimat tunggal dan majemuk setara.

Jenjang 3

Jenjang ketiga menjadi lanjutan setelah anak mahir membaca jenjang ke dua. Di jenjang ke tiga ini terdapat tiga kalimat dengan maksimal 9 kata. Tak hanya itu, kalimat yang digunakan adalah kalimat majemuk setara dan kalimat langsung. Bahkan, setiap jenjang dalam buku cerita seri pembaca cilik awal ini juga dikenalkan tanda baca yang disesuaikan dengan tahapan membaca.

Judul buku tiap jenjang

Ada 15 judul cerita yang dekat dengan keseharian anak. Sehingga anak merasa senang dan dekat dengan setiap cerita yang disuguhkan.

Jenjang 1

  • Sapu lidi
  • Saya suka tahu
  • Kutu si sapi
  • Baju baru
  • Suka baca buku


Jenjang 2

  • Pergi melihat hewan
  • Mimpi buruk
  • Memancing dengan tennag
  • Di mana sarung Heru?
  • Truk yang kutunggu


Jenjang 3

  • Mengajak Santi
  • Makanlah dengan lahap!
  • Menampi bersama Mbah
  • Manggar kelapa
  • Selalu buru-buru

Keseruan belajar membaca lewat buku cerita semakin seru karena ilustrasi yang menarik bagi anak-anak.

Nah, gimana sobat berdaya. Kerenkan buku cerita seri pembaca cilik awal dari Grow the seed ini. Ditulis secara berjenjang membuat anak akan belajar membaca secara bertahap. Hal ini membuat anak akan termotivasi menjadi pembaca yang mandiri dari keberhasilan membaca di tiap jenjangnya.

Motivasi membaca yang muncul dalam diri anak akan menjadikan aktivitas belajar membaca lewat buku cerita menjadi seru dan menyenangkan.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.