kaknzul.com

Manfaat Rapor PAUD bagi Orang Tua. No 4, WAJIB TAHU!


manfaat raport paud bagi orang tua



Hai Sobat Berdaya! Siapa nih yang ikutan merasakan dag dig dug saat hari pengambilan rapor tiba? Apalagi, jika ini adalah pengalaman pertama menyekolahkan anak. Huaaahhh langsung teringat masa sekolah.

Alhamdulillah, setelah menerima rapor, mendengarkan langsung perkembangan buah hati tentunya merasa lega plus nambah catatan. Hahahahh. Setelah lega karena dag dig dugnya pergi, catatan dan PR pun muncul. Karena, dari sekian laporan capaian perkembangan si buah hati, tentunya ada catatan yang membutuhkan kerjasama antara sekolah dan di rumah.    

Namun, tak sedikit loh yang menilai rapor PAUD atau buku asesmen anak usia dini adalah hal yang tidak penting. Sangat disayangkan ya, sobat. Padahal, ada beberapa manfaat rapor PAUD bagi orang tua. Apa saja manfaatnya yuk kita simak!

Rapor PAUD atau Buku Asesmen


 

Manfaat raport paud bagi orang tua

Rapor PAUD atau Buku Asesemen adalah sebuah buku yang berisi tentang capaian perkembangan anak selama di sekolah. Di dalamnya terdapat laporan capaian aspek-aspek perkembangan dalam bentuk deskripsi yang disertai dengan foto dokumentasi kegiatan anak.

Dari rapor ini pula orang tua dapat mengamati 3 elemen capaian perkembangan anak yang diberikan guru. Ada aspek nilai agama dan budi pekerti, jati diri dan dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa serta seni. Tentunya, deskripsi yang dituliskan oleh guru merupakan hasil pengamatan selama anak melakukan aktivitas di sekolah dan mengikuti kurikulum pembelajaran yang diberikan,

Selain capaian, ada juga catatan untuk hal-hal yang perlu diperhatikan. Misal ada aktivitas yang perlu diberikan atau bahkan perlu dievaluasi (dikurangi), sebab mempengaruhi perkembangan anak. Tak hanya itu, saat pengambilan rapor orang tua juga bisa melakukan diskusi dengan guru untuk hal-hal yang perlu digali kembali atau dicarikan solusi dari perkembangan anak.

Manfaat rapor PAUD bagi orang tua.

Manfaat raport paud bagi orang tua


Bermanfaatkah rapor PAUD bagi orang tua? Gimana sobat, bermanfaat tidak?

Jujur, setiap hari Kaknzul penasaran. Kira-kira perkembangan si sulung gimana ya setelah akhirnya bersekolah formal. Berkembang tidak ya aspek perkembangan yang selama ini Kaknzul dan suami nilai butuh stimulasi dari orang di sekitar? Alhamdulillah, Kaknzul terbantu sekali dengan adanya rapor. Selain itu, apa lagi manfaat rapor PAUD bagi orang tua, ya?

  • Mengetahui potensi anak


Saat membaca dan mendengarkan langsung hasil capaian perkembangan anak dari gurunya, orang tua akan tahu aspek kembangan manakah yang menonjol. Dari sini, orang tua akan mengetahui potensi yang dimiliki anak. Hal ini memudahkan orang tua dalam memberikan stimulasi apa yang tepat untuk mendukung potensi si kecil.

  • Laporan capaian perkembangan anak usia dini

Buku asesmen atau rapor PAUD menyampaikan 3 elemen yang berisi aspek-aspek perkembangan. Sehingga, orang tua dapat melihat capaian perkembangan dari setiap aspek. Hal ini memudahkan orang tua untuk memberikan stimulasi apa yang tepat bagi aspek perkembangan yang ternyata membutuhkan stimulasi lanjutan di rumah.

Termasuk misalnya, jika anak membutuhkan stimulasi, tapi tidak tersedia di sekolah. Maka, orang tua dapat berdiskusi dengan pihak sekolah.

Laporan capaian ini pun dapat digunakan orang tua sebagai salah satu acuan dalam memilihkan aktivitas, mainan atau kegiatan liburan yang dapat menstimulasi perkembangan anak. Tak hanya itu, laporan capaian ini akan mengevaluasi aktivitas anak selain di sekolah. Apakah mungkin anak butuh mengikuti kelas pendampingan yang lain atau sebaliknya.


  • Sebagai salah satu acuan orang tua untuk mengevaluasi pendidikan anak


Orang tua sebagai penanggung jawab utama pendidikan anak, tentunya perlu laporan capaian perkembangan dalam melakukan evaluasi pendidikan anak. Sudah butuhkah anak kelas pendampingan calistung? Butuhkah anak guru pendamping di sekolah? Perlukah dilakukan observasi ke tenaga ahli tentang perkembangan anak? Atau yang lainnya. Semua itu bisa diketahui orang tua dari rapor PAUD atau buku asesmen anak.

  • Rapor anak adalah rapor orang tua

Manfaat raport paud bagi orang tua


Hal yang pertama kali Kaknzul rasakan saat menerima dan mendengarkan langsung capaian perkembangan si sulung dari gurunya adalah point ke empat ini. Rapor anak sejatinya menjadi rapor Kaknzul dan suami. Kenapa? Karena kami role model yang membentuk si sulung. Karena kamilah orang yang paling berpengaruh terhadap perkembangan si sulung. Maka, jika ada catatan pada perkembangannya, sejatinya kamilah yang harus terlebih dahulu berbenah.

Misal, jika ternyata si kecil masih bingung atau belum berani mengungkapkan pendapatnya di sekolah. Mungkinkah ketika di rumah anak tidak terbiasa mengungkapkan pendapatnya atau justru terbiasa harus memilih pilihan kedua orang tuanya?

Jika ternyata ananda belum berani pergi ke toilet sendirian. Mungkinkah anak ketika di rumah selalu ditakutin dengan kata-kata yang membuatnya takut?

Jika ternyata anak masih takut untuk mencoba melakukan sesuatu. Mungkinkah anak ketika di rumah lebih banyak dilarang untuk mencoba melakukan sesuatu?

Contoh lainnya, jika ternyata ananda mengalami keterlambatan berbicara di usianya. Mungkinkah peranan orang tua yang seharusnya bercerita dan mengajaknya berbicara telah digantikan oleh gadget yang menyajikannya banyak tontonan dan membuatnya sedikit terstimulasi untuk berbicara?

Aaaaah, semuanya tergantung pada orang yang paling dekat dengan anak yaitu orang tuanya. Maka, catatan pada anak, menjadi catatan bagi orang tuanya yang harus segera berbenah. Mengevaluasi dan memperbaiki diri agar si kecil pun tumbuh dan berkembang sesuai tahapan perkembangan di usianya.

Itulah manfaat rapor PAUD bagi orang tua yang harus diketahui bersama. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu ditulisan berikutnya.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.