kaknzul.com

ROTI KETAWA KHAS MEDAN EMPUK


roti ketawa khas medan empuk


Hai sobat berdaya! Ada sebuah pertanyaan yang membuat Kaknzul terkadang bingung harus menjawab dari mana terlebih dahulu. Sebab, jawabannya ada banyak.

“Apa makanan khas dari Medan?” 

Pertanyaan itu sering membuat Kaknzul terdiam lebih lama untuk menjawab satu ersatu makanan khas kampung halaman.

Hai sobat berdaya yang juga berasal dari Medan, Sumatera Utara. Setuju nggak, kalau dari Medan itu ada banyak makanan khas yang menggoda selera dan buat kangen para perantau seperti Kaknzul ini.

Beragam suku yang mendiami Medan, Sumatera Utara membuat ada banyak beragam makanan khas dari tanah Batak ini. Nah, itulah yang membuat Kaknzul bingung harus jawab dari mana dulu ya. Hiiihihi

Baiklah, untuk menjawabnya Kaknzul akan tuliskan satu persatu makanan khas dari Medan. Karena kali ini Kaknzul lagi pengen roti yang ngangenin satu ini, yuk mari kita eksekusi di dapur.

Roti ketawa khas Medan


Ada yang bingung tidak, kenapa diberi nama roti ketawa? Coba deh, perhatikan bentuk si roti khas medan yang berbalut wijen ini. Ia memiliki permukaan yang terbelah seolah-olah menggambarkan seseorang yang sedang tertawa.

Ups, banyak yang mengira permukaan yang terbelah itu sengaja digunting loh. Padahal, pembelahan iu terjadi dengan sendirinya ketika sedang digoreng. Tambahan baking powder dan baking sodalah yang membuat permukaan si roti khas Medan ini menjadi terbelah layaknya orang Medan yang sedang tertawa. Hahahha lebar banget ya. Ia, hati-hati nanti bahagianya orang Medan menular ke kamu yang mencicipi roti ini.

Sekilas mirip onde-onde karena memiliki permukaan yang dibalut wijen ya. Namun, si roti ketawa ini tanpa isian dan lebih padat daripada onde-onde. Secara bahan juga memiliki perbedaan ya sobat.

Apa sih rasa roti lucu ini?

Rasa dominan yang terdapat pada roti ketawa khas medan ini adalah rasa manis. Serta, adanya wijen menambah cita rasa tersendiri. Eh, tapi ada juga loh roti ketawa tanpa wijen. Rasanya tetap enak. Apalagi disantap bersama segelas teh atau kopi saat hari tengah hujan. Heeeeem nikmat sekali.

Resep roti ketawa khas Medan empuk

roti ketawa khas medan empuk

 

Jika onde-onde dibuat dengan tepung ketan, roti ketawa ini dibuat dengan tepung terigu. Yuk lebih jelasnya kita intip bahan-bahan dalam pembuatan roti ketawa.

Bahan-bahan

400 gram tepung terigu

170 gram gula pasir

½ sdt baking powder

½ sdt soda kue

1 butir telur ayam

70 ml air

Garam secukupnya

2 sdm margarine/minyak sayur

Wijen secukupnya

Minyak goreng untuk menggoreng\Air untu celupan.



Cara membuat roti ketawa khas medan tanpa mixer

 

roti ketawa khas medan empuk

Dalam pembuatan roti ketawa sebenarnya bisa menggunakan mixer untuk memudahkan dalam proses mengadon terigu dan bahan lainnya. Namun, kali ini Kaknzul buat yang tanpa mixer, ya. Yuk, kita langsung buat saja.

  • Campurkan semua bahan kering (terigu, baking powder dan soda kue) lalu sisihkan.


  • Selanjutnya, rebus gula dengan air secukupnya. Setelah mendidih dan gula larut, angkat. Setelah suhu air gula menurun, masukan margarin cair atau minyak sayur dan garam. Kemudian masukkan telur dan diaduk secara merata.


  • Masukan sedikit demi sedikit bahan basah kedalam bahan kering sambil dikoreksi. Pastikan adonan merata dan tidak lagi lengket di tangan.


  • Setelah adonan kalis, bentuk seperti bola-bola kecil atau disesuaikan dengan selera. Oh ia, adonan nantinya akan mengembang ketika proses penggorengan ya. Jadi, bisa disesuaikan ukuran bola-bolanya.


  • Setelah semua adonan habis dibentuk bola-bola, selanjutnya celupkan ke dalam air dan ratakan pada permukaannya dan guling-gulingkan ke dalam wijen. Terakhir, bulatkan lagi di tangan agar wijen lengket pada adonan.


  • Jika semua adonan sudah selesai diberi wijen, maka selanjutnya adalah menggoreng semua adonan. Pastikan menggunakan api kecil agar adonan dapat mengembang dengan sempurna dan matang luar dalam.


  • Saat di penggorengan, jangan lupa diaduk aduk agar minyak rata mengenai adonan roti ketawa. Adonan digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, lalu tiriskan.


 

roti ketawa khas medan empuk

Gampangkan, membuat roti ketawa khas medan empuk yang buat bahagia perut kerocongan. Selamat mencoba di rumah sobat berdaya!

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.