kaknzul.com

10 Ide Menulis Bagi Ibu Rumah Tangga

ide menulis ibu rumah tangga


Hai Sobat Berdaya! Siapa nih yang sering bingung mencari ide tulisan?

“Duh, mau nulis apa ya pekan ini?”

“Duh, lagi buntu nih. Nggak ada ide buat nulis!”

“Gunakan seluruh indera yang kita miliki!”

Begitu pesan guru Kaknzul. Karena sebenarnya, ide menulis itu tak terbatas oleh profesi yang tengah dimainkan. Bahkan, sebenarnya ada banyak sekali ide menulis yang bisa tangkap oleh seorang ibu rumah tangga.

Aktifkan seluruh indera, untuk merasakan, melihat, mendengar yang ada di sekitar kita. Karena sebenarnya, dari sekian banyak hal yang dilewati dalam satu hari tentunya ada nilai bermanfaat yang bisa kita bagikan.

Bahkan, terkadang yang terlihat sepele bagi kita, tapi bisa bermanfaat sekali bagi orang lain. Jadi, tidak ada kata “nggak punya ide menulis lagi nih!”

Yuk, kita cari tahu 10 ide menulis bagi ibu rumah tangga.

10 Ide Menulis Bagi Ibu Rumah Tangga

Parenting

Wahai para ibu, aktivitas yang kita lewati dari mulai membuka mata sampai menutup kembali, tentunya tak luput dari interaksi bersama anak-anak. Bahkan, banyak hal yang kita pelajari setelah memiliki anak. Misal, setelah memiliki anak kita menjadi tahu apa itu tantrum dan bagaimana menghadapinya.

Dari sekian, jurus yang digunakan seorang ibu dalam menghadapi tantrum Kaknzul yakin seorang ibu pasti memiliki kunci ampuh untuk menangani buah hatinya saat tantrum. Jurus yang sudah teruji dan berhasil inilah yang bisa dibagikan dalam bentuk tulisan.

Contoh lain, ibu mana sih yang hari ini nggak khawatir ketika anaknya GTM (Gerakan tutup mulut)? Pernahkan ibu mengalaminya? Bagaimana cara melewati fase GTM? Pelajaran dan tips yang didapatkan oleh seorang ibu inilah yang bisa dijadikan ide tulisan.

Apalagi dong? Ada banyak ya. Ibu yang sedang di fase menyusui? Bagikan pengalaman dan pelajaran saat menyusui. Ibu yang sedang berjuang di fase toilet training atau yang sedang berjuang bernegosiasi dengan anak? Bagaimana caranya? Pelajaran apa yang bisa dibagikan?

Waaah, tema ini rasanya tidak pernah habis ya.

Kegiatan bermain bersama anak

bermain bersama anak


Aktivitas ini bisa menjadi ide menulis bagi seorang ibu yang aktif menulis. Mulai dari mencari ide bermain bersama anak, bahan yang dibutuhkan, cara bermainnya, apa yang menjadi tujuan permainan dan hal menarik apa yang ibu temukan saat bermain bersama anak?

Tak harus bermain tersruktur atau terencana. Bermain secara spontan saja pun tentu bisa menjadi sebuah ide menulis.

Apa yang anak temukan. Apa yang menarik perhatiannya. Bagaimana reaksi anak dan hikmah atau pelajaran apa yang bisa diambil dari permainan itu. Semua itu bisa dituliskan menjadi ide menulis bagi seorang ibu.

Resep masakan

Aktivitas yang satu ini terlihat sepele, tapi sebenarnya bisa menjadi salah satu ide menulis bagi seorang ibu.

“Duh, masaknya itu-itu aja. Simpel-simpel doang. Apa yang mau dibagikan?”

Sobat, pernah nggak sih merasa bingung cara mengolah tempe yang ada di kulkas? Terus, sobat berdaya mengambil smartphone dan mengetik keyword di mesin pencarian “olahan tempe”

Kalau sobat berdaya pernah melakukan hal sederhana tersebut, itu artinya resep masakan yang kita bagikan akan sangat bermanfaat bagi orang lain yang sedang merasa kehabisan ide.

Karena terkadang, bingungnya ibu di dapur itu bukan karena nggak ada yang dimasak, tapi karena yang dimasak itu-itu saja. hahahahah

Tips keluarga bahagia

Hai sobat, keluarga bahagia sejatinya bukan keluarga yang tanpa ujian. Namun, keluarga bahagia adalah keluarga yang mampu melewati ujian-demi ujian bersama-sama.

Sepanjang menjalani bahtera rumah tangga tentu ada banyak hal yang menjadi pelajaran ketika ujian datang. Bisa jadi, kita menyadari hikmah dan pelajaranya saat ujian datang atau bisa juga saat ujian telah berlalu. Kapanpun menyadari hikmah tersebut, jangan lupa bagikan pelaja,ran atau cara melewati ujian tersebut lewat tulisan. Karena bisa jadi ada keluarga yang saat ini tengah menghadapi ujian yang sama.

Sobat, bisa juga membagikan tips komunikasi produktif yang menjadi nadi dalam rumah tangga. Sebab, apapun permasalahan yang ada, jika komunikasi terjaga dengan baik, insyaallah permasalahannya dapat diselesaikan.

Management keuangan

Topik mengatur keuangan keluarga masih menjadi pembahasan di setiap keluarga sampai hari ini. Pengalaman yang dilakukan di rumah, bisa dituliskan dan dibagikan kepada orang lain. Meskipun ada banyak tips dan trik dalam mengatur keuangan, tapi tak semua keluarga dapat menggunakan tips yang sama. Jika tidak sesuai, maka keluarga tersebut akan mencari tips lainnya. Oleh karena itu, menuliskan pengalaman kita tentang mengatur keuangan keluarga menjadi salah satu topik yang masih dan akan terus diburu oleh para pemabaca.

Management waktu

Ada fase dimana seorang ibu merasa kesulitan dalam membagi waktunya. Bahkan, terkadang merasa tak lagi memiliki waktu untuk dirinya sendiri.

Namun, ada juga ibu yang telah mampu melewati fase itu. Sehingga, tema mengelola waktu akan tetap diburu oleh para ibu. Karena setiap ibu punya fase yang berbeda. Bagikan pengalaman ibu dalam mengatur waktu, sehingga menjadi bermanfaat bagi ibu lainnya.

Tips berkebun

Siapa yang hobinya berkebun? Menanam tanaman hias atau tanaman sayur di pekarangan rumah? Yuk, bagikan pengalaman seru dalam berkebun. Karena ada banyak ibu lainnya yang juga tengah menggeluti hobi yang sama, tapi bisa jadi mereka sedang butuh tips and trick.

Mengolah sampah rumah tangga

ibu menulis


Pahlawan bumi di setiap rumah adalah para ibu. Karena ibu memiliki peran penting dalam mengolah sampah rumah tangga. Mengajak seluruh anggota keluarga untuk bijak menggunakan barang dan bertanggung jawab dengan sampah rumah tangga.

Ibu yang saat ini tengah fokus mengolah sampah rumah tangga, bisa dibagikan cara edukasi ke anggota keluarga, mengganti barang-barang yang berpotensi menimbulkan sampah, serta cara pengolahan sampah rumah tangga. Semuanya bisa dibagikan lewat tulisan sehingga bermanfaat bagi banyak orang

Review book

Hobi baca? Punya target buku yang akan dibaca selama sebulan? Yuk, bagikan ulasan buku yang telah dibaca. Karena informasi tentang ulasan buku pasti akan diburu oleh mereka yang mencari buku atau ingin membeli buku yang sobat review.

Tak hanya buku bacaan dewasa, tapi juga buku-buku anak. Banyak sekali orang tua yang bingung atau belum tahu buku seperti apa dan bagaimana yang cocok buat anak di usianya. Tak hanya itu, ada juga orang tua yang sedang mencari buku bacaan bagi anaknya. Review book menjadi salah satu buruan bagi orang tua yang sedang mencari buku untuk anak-anaknya.

Review tempat makan

Memiliki aktivitas family time di tempat makan? Atau tak sengaja bekunjung ke tempat makan yang ternyata cocok banget untuk keluarga? Moment ini bisa digunakan untuk menikmati dan mengamati tempat makan tersebut. Setelah itu, tuliskan review tentang tempat tersebut dan bagikan.

Informasi tentang tempat makan menjadi buruan keluarga yang sedang mencari tempat makan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. 

ide menulis


Itulah 10 ide menulis bagi ibu rumah tangga. Sejatinya, ada banyak aktivitas yang dapat dijadikan ide menulis. Hanya saja, kita perlu mengaktifkan seluruh indera untuk menangkap nilai apa yang ingin kita bagikan kepada pembaca.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.