kaknzul.com

Ide Permainan Anak Tentang Fungsi Pakaian

ide permainan anak


Hai sobat berdaya! Kaknzul mau menunaikan janji nih. Di tulisan sebelumnya, Kaknzul sudah menggali fungsi pakaian bagi manusia di dalam Al Quran. Hasil tadabur inilah yang menjadi pegangan Kaknzul buat menjelaskan ke anak-anak yang terus bertanya.

“Kenapa sih, Mi! Kok aku nggak boleh pakai celana pendek seperti Kak D?”

“Kenapa sih, Mi!! Kok aku harus pakai jilbab. Itu ibu M nggak pakai jilbab. Padahalkan udah dewasa?”

“Aduh, kelamaan, Mi! Kenapa sih, harus pakai kaos kaki. Kelamaan, keburu tukang buahnya pergi!”

Bagian paling menantang adalah, saat menjelaskan ke anak. Bagaimana ya supaya anak mudah memahaminya? Tidak membuat dia bingung, tapi juga menyenangkan baginya.

Alhamdulillah, Allah bantu dengan munculnya ide untuk menjelaskan fungsi pakaian lewat permainan. Sebenarnya, ini juga terinspirasi dari gerakan binar yang selalu memaksa Kaknzul untuk berpikir kreatif. Padahal, nggak kreatif kwkwkkw

Warna bajuku

Permainan ini sederhana. Bahan yang dibutuhkan juga sederhana dan ada di rumah. Lewat permainan ini, anak akan tahu fungsi pakaian untuk menutup aurat atau bagian tubuh yang harus ditutup. Yuk kita buat terlebih dahulu!

Oh ia, permainan ini Kaknzul mainkan dengan anak-anak Kaknzul usia 4 dan 6 tahun ya.

Bahan dan alat:

  • Kertas origami berbeda warna
  • Pulpen/spidol
  • Cutter
  • HVS


Cara membuatnya:

ide permainan anak fungsi pakaian

Gambar terlebih dahulu tokoh perempuan dengan menggunakan jilbab dan pakaian yang menutup aurat. Dalam gambar kali ini Kaknzul menggambar tokoh yang menggunakan pakai gamis ya. Karena Kaknzul menyesuaikan dengan pakaian yang sering kami pakai di rumah.

Setelah itu, potong bagian baju dengan cutter. Hanya bagian baju ya, sobat. Setelah itu, jadi deh! Alat peraga untuk main sudah jadi.

Cara mainnya:

ide main anak

 

  • Ajak anak duduk dengan nyaman
  • Berdoa sebelum bermain dan belajar
  • Letakkan peralatan bermain di atas meja.
  • Ajak anak memperhatikan dan menyebutkan peralatan yang ada
  • Ajak anak untuk membayangkan permainan apa yang akan dilakukan bersama
  • Letakkan kertas origami berbagai warna dibawah gambar.
  • Setelah itu, minta anak menarik perlahan kertas origami, agar warna baju berganti warna
  • Sambil bermain, kenalkan anak pada warna baju yang muncul.
  • Jangan lupa, ungkapkan kekaguman kita terhadap baju yang terlihat bagus setelah berganti warna.
            “Waah, masyaallah. Ternyata baju ini bagus sekali!”
  • Jangan lupa tanyakan pendapat anak
            “Kalau menurut Kakak baju seperti ini bagus tidak?”
  • Sobat, rasa kagum kita akan menjadi daya tarik anak loh. Anak akan membangun sebuah standar pakaian yang bagus seperti apa
  • Setelah itu, sampaikan dengan bahasa sederhana tentang kenapa kita harus memakai pakaian seperti yang ada pada gambar.

            “Tahu nggak Kak! Kenapa kita harus memakai pakaian seperti ini?”

            “Supaya, aurat kita tertutup!” Coba lihat, tertutup kan!”

  • Jika anak belum tahu tentang aurat, boleh disampaikan, bahwa aurat itu adalah bagain tubuh yang harus ditutup *sebutkan bagian tubuhnya.
  • Jangan lupa ya sobat, sampaikan pada anak, bahwa yang meminta kita menutup aurat adalah Allah SWT. Dan jika kita menutup aurat Allah akan sayang pada kita.


Capaian observasi

  • Dalam permainan ini anak dapat menyebutkan warna baju dengan tepat
  • Anak dapat menyebutkan fungsi pakaian dengan benar


Nah, itulah ide permainan anak tentang fungsi pakaian secara sederhana. Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba dan selamat bermain bersama anak!

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.