kaknzul.com

6 Manfaat ibu berolahraga

apa manfaat kita berolahraga?



Hai Sobat berdaya! Mana nih yang lagi berjuang keras untuk bisa berolahraga meski tugas domestik sebagai ibu tak kunjung habis?

Toss sobat, Kaknzul juga lagi berada di posisi yang sama.

Menjadi ibu yang bekerja di rumah (ibu rumah tangga) maupun ibu yang bekerja di ranah publik, keduanya sama-sama memiliki tugas yang segudang. Keduanya sama-sama punya tugas domestik yang terkadang tidak bisa didelegasikan. Tetap harus terlibat dan bertanggung jawab secara langsung untuk tugas-tugas domestik tertentu.

Sering kali, ibu merasa kelelahan dan tak ada lagi waktu untuk dirinya. Sehingga sulit menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga.

Padahal, ada banyak manfaat berolahraga bagi seorang ibu. Apa saja manfaatnya? Yuk kita kupas satu persatu.

Kenapa Ibu harus berolahraga?

kenapa ibu haru berolahraga


Kamu yang masih digandolin anak-anak dengan tugas domestik yang tiada henti, tapi kenapa sih kok masih ingin tetap berolahraga?

Kira-kira kenapa sobat?

Kalau Kaknzul nih, karena ada kehidupan manusia lain yang masih sangat bergantung sama Kaknzul. Makanya, tubuh sehat dan fit itu penting sekali. Karena, kalau tubuh mudah lelah atau mudah sakit, pastinya nggak cuma kehidupan Kaknzul aja yang terganggung.

Yaaaah, begitulah fitrah sebagai ibu. Jadi, harus tetap fit dan sehat supaya bisa menemani duo toodler yang lagi aktif-aktifnya.

Itu kalau jawaban Kaknzul ya. Kalau sobat pasti memiliki jawaban berbeda.

“Olahragaku tiap hari nyapu, ngepel, cuci-cuci.”

Kaknzul sering mendengar pernyataan ini nih. Kira-kira mengerjakan tugas domestik sama tidak ya dengan berolahraga?

Sayangnya, menurut Dokter Spesialis Keolahragaan dr. Andhika Raspati SpKO, membersihkan rumah tidak sama dengan berolahraga. Aktivitas fisik tersebut belum cukup untuk mengoptimalkan tubuh karena hanya membuat tubuh bergerak dan tidak terjadi pembakaran kalori.

Berbeda dengan olahraga yang menggunakan aktivitas untuk melatih jantung, otot dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang terukur dan bertujuan untuk melatih kebugaran.

Manfaat ibu berolahraga

manfaat workout untuk wajah


 

Sobat berdaya yang punya resolusi tahun depan untuk berolahraga, yuk mantepin lagi niatnya dengan mencari tahu manfaat berolahraga bagi seorang ibu.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Kaknzul pernah mendengar, bahwa berolahraga dapat membuat hati bahagia. Kok bisa ya?

Jadi begini sobat penjelasannya. Aktivitas olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan kerja HPA (hypothalamic-pituitary-adrenal axis). HPA berpengaruh terhadap beberapa bagian otak, seperti sistem limbik (mengontrol suasana hati, perilaku, dan memori), amigdala (pusat pemrosesan emosi yang utama di mana kerusakannya dapat menimbulkan rasa cemas dan kebingungan), serta hipokampus (pembentukan memori jangka panjang).

Ketika sedang berolahraga, tubuh akan melepaskan neurotransmitter dan hormon, seperti serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon endorfin berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan membantu meningkatkan perasaan gembira atau euforia. Sementara itu, hormon dopamin dapat meningkatkan mood (happy hormone). Sedangkan, hormon serotonin bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur.

Waaah, kalau seperti ini sih olahraga bisa menjadi salah satu sarana me time nih sobat. Supaya setelah jeda, hati menjadi lebih bahagia dan siap menghadapi berbagai hal.

2. Menjaga kesehatan reproduksi

Manfaat yang satu ini penting sekali diketahui oleh setiap wanita. Sebab, olahraga teratur dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesuburan pada wanita. Penelitian oleh Gudmundsdottir et al. (2021) menemukan bahwa wanita yang rutin berolahraga memiliki peluang kesuburan yang lebih tinggi daripada wanita yang tidak aktif secara fisik. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat, mengurangi risiko gangguan hormonal, dan meningkatkan fungsi ovarium.

Tak hanya itu, aktivitas olahraga membuat seorang ibu terhindar dari permasalahan menstruasi yang sering dialami oleh ibu disebabkan gangguan hormonal.

3. Membantu mengontrol berat badan

Berat badan yang terkontrol tak hanya menambah rasa percaya diri, tapi juga menghindarkan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Buat sobat berdaya yang ingin tetap mengontrol berat badan dengan diet saja juga tidak cukup. Sebab, mengurangi kalori tanpa berolahraga hanya akan mengurangi lemak dan massa otot. Padahal, massa otot lebih berperan aktif dalam menjaga metabolisme tubuh daripada lemak.

Apabila massa otot berkurang, maka metabolisme akan semakin lambat dan proses penurunan berat badan akan semakin lambat. Itulah sebabnya, kenapa olahraga sangat berpengaruh dalam mengontrol berat badan. Karena, ia akan membuat metabolisme tubuh lebih cepat. Ketika metabolisme tubuh lebih cepat, maka tubuh akan lebih cepat membakar kalori.

Jadi, buat sobat berdaya yang memiliki resolusi tahun depan untuk menurunkan berat badan, jangan lupa berolahraga juga, ya.

4. Menjaga kesehatan kulit

Kaknzul tahu, para ibu pasti senang sekali membaca manfaat yang ke empat ini. Karena setiap ibu, setiap wanita pasti ingin kulit yang cerah, bebas jerawat dan awet muda. Hahahhah Kaknzul juga senang kok.

Ketika tubuh rutin berolahraga maka sirkulasi darah akan berjalan dengan baik, sehingga oksigen dan nutrisi akan sampai ke kulit dan membuatnya terlihat cerah dan awet muda. Hal itu disebabkan, aktivitas olahraga membantu tubuh memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk elastisitas kulit.

Tak hanya itu, keringat dari tubuh yang rutin berolahraga ternyata bermanfaat untuk kulit. Sebab, kelenjar keringat akan aktif memproduksi keringat yang membuat pori-pori kulit bersih dari kulit-kulit mati dan mencegah munculnya jerawat sebab pori-pori yng tersumbat.

5. Memberikan contoh yang baik pada anak

Sobat berdaya yang hari ini menjalankan perannya sebagai seorang ibu, setuju tidak, bahwa setiap yang ibu lakukan dengan mudah ditiru oleh anak-anak. Ya, ibarat spons, anak siap merekam dan menirukan segala sesuatu yang ia lihat. Termasuk, kebiasaan baik yang dilakukan ibunya yaitu berolahraga.

Tanpa perlu berbicara, ibu yang berolahraga bersama si kecil akan mencontohkan kebiasaan baik pada si kecil sambil menjaga kesehatan tubuhnya.

6. Menjadi sarana bonding keluarga

Buat sobat berdaya yang bingung mencari aktivitas untuk family time, olahraga bisa menjadi salah satu aktivitas yang dipilih. Aktivitas olahraga yang bisa dilakukan bersama-sama misal bersepeda, berenang, senam lantai, jogging atau lainnya.

Berolahraga bersama keluarga menjadikan keluarga menjalani kebiasaan baik bersama dalam menjaga kesehatan dan membangun kedekatan antar anggota keluarga. 

Nah, itulah 6 manfaat ibu berolahraga. Semoga menambah semangat kita untuk terus berolahraga meski tugas domestik tiada henti. 

manfaat senam aerobic bagi kecantikan


21 comments

Terimakasih sudah berkunjung ^ ^ Untuk masukan dan saran bisa disampaikan via email nidazulkhaira93@gmailcom.
  1. Itu Quotes terakhir berasa tendangan mauttt: Tak ada yang menghalangi berolah raga kecuali DIRI SENDIRI. Tauuuu Aja!! Produksi alasan mang lebih gampang deh mbak daripada produksi keringat dan endorfin hehe

    ReplyDelete
  2. Izin share ke mantan pacar (baca: isteri) ya.... Beliau tuh pingin banget olahraga rutin tiap pagi, tapi selalu ada kendala... Yang nyiapin breakfast lah, yang bersih-bersih lah... Susah sih emang kalau emak-emak nyari waktu luang tuh, hehehe.... Padahal manfaat olah raga rutin tuh, sangat bagus buat kesehatan fisik dan mental...

    ReplyDelete
  3. Sepertinya saya butuh olahraga nih. Biar makin sehat mentalnya. :)
    Kalau jalan pagi ke pasar setiap hari cukup dianggap olahraga nggak, Kak? Pulangnya bawa belanjaan. Hehe..
    Olahraga apa yang Kakak sarankan untuk ibu-ibu yang waktunya terbatas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan kaki atau workout di rumah. Kalau saya pilih workout kak. Karena kalau harus keluar rumah belum memungkinkan kondisi nya.

      Delete
  4. Masya Allah reminder banget nih buat emak beranak 5 ini. Olahraga hal yang jarang saya lakukan saat ini kecuali jalan pagi buang sampah

    ReplyDelete
  5. Olah raga yang masih saya jalani hanya jalan kaki saja tiap hari kerja selama 30 menit...suka sekali kalau kulit kena sinar matahari...hangat sekali..mudah2an cukup untuk jaga kesehatan

    ReplyDelete
  6. Olah raga memang banyak manfaatnya, sepertinya tidak hanya untuk ibu-ibu, bapak juga perlu banyak berolah raga

    ReplyDelete
  7. Langsung tersentil untuk kembali aktif berolah raga nih

    ReplyDelete
  8. Salah satu resolusi tahun 2024 adalah kembali rajin berolah raga dan menerapkan pola hidup sehat. Semoga bisa menjalankan dengan rutin dan disiplin.

    ReplyDelete
  9. Memang manfaat olahraga itu banyak, tetapi masih banyak tetapinya. Untuk sekarang, aktivitas olahraga saya baru jalan kaki ke sekolah saat antar jemput anak. Yang lainnya masih sebatas wacana.

    ReplyDelete
  10. Banyak banget ternyata manfaat olahraga ini untuk para ibu. Tinggal luangkan waktu masalahnya nih. Sepertinya para ayah harus jadi support system terbaik agar para ibu bisa rehat dulu dari pekerjaan domestiknya dan bisa me time dengan berolahraga

    ReplyDelete
  11. Jleb banget nih bagi aku yang sellau ada alasan untuk enggak olahraga, insyaf kok mulai 2 bulan ini sudah gerak dikit, semoga tetap konsisten dan nambah durasi olganya, sekarang yang ringan-ringan aja wis

    ReplyDelete
  12. Beda ternyata yaa belum cukup aktivitas domestik sama olahraga padahal rasanya aku udah olahraga setiap hari karena beberes rumah, nyuci, ngurus anak hahaha.

    Aku juga merasa lagi me time kalau lagi olahraga. Badan jadi fit dan pikiran kembali fresh. Penting bgt olahraga bagi Ibu.

    ReplyDelete
  13. Baca artikel ini berasa Mak jleb banget.. Membuatku ingat-ingat kapan terakhir aku olah raga ya? Ternyata sudah lumayan lama aku gak olahraga 😀. Sepertinya kudu wajib banget atur jadwal untuk olah raga nih...

    ReplyDelete
  14. Aku tim yang jarang banget olah raga padahal olahraga memiliki segudang manfaat ya. Dulu aku rutin renang tiap minggu, tapi sebelum nikah. Abis nikah udah susaahh. Janji aku abis ini aktif olahraga, meskipun cuma workout jalan ditempat hihi.

    ReplyDelete
  15. Pengen memulai olahraga lagi setelah musim dingin ini selesai, mudah-mudahan selalu konsisten untuk ke depannya

    ReplyDelete
  16. masih belum konsisten untuk olahraga, kadang mnyempatkan kadang mager hehehe, manfaat olahraga sangat baik untuk kesehatan bahkan kulit juga, smga nnti bisa konsisten olahraga aamiin

    ReplyDelete
  17. Baca artikel ini pas banget lagi ngemil di tengah malam, berasa langsung kesentil dan merasa bersalah sama badan yang harusnya udah diajak olahraga 🤣🤣🤣

    ReplyDelete